ADVERTISEMENT

Ortu Terobsesi Beri Diet Vegan ke Bayi, Berakhir Meninggal karena Malnutrisi

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Sabtu, 02 Jul 2022 14:45 WIB
Vegan healthy balanced diet concept. Vegetarian buddha bowl with blank notebook and measuring tape. hickpeas, broccoli, pepper, tomato, spinach, arugula and avocado in plate on white background. Top view Foto: iStock
Jakarta -

Seorang ibu penganut diet vegan dinyatakan bersalah atas kematian anaknya sendiri, seorang bayi berusia 18 bulan. Bayi tersebut meninggal akibat komplikasi karena malnutrisi akut.

Saat meninggal, bayi bernama Ezra tersebut hanya memiliki berat 7,7 kg. Ezra mengalami malnutrisi karena hanya diberi diet berupa buah-buahan, sayuran dan ASI.

Sheila O'Leary, sang ibu, harus merasakan dinginnya dinding penjara setelah putusan dibacakan hakim pada 25 Juli 2022. Peristiwa tragis itu sendiri terjadi pada 2019.

Seperti dikutip dari Daily Mail, dokter yang memeriksa kondisi Ezra, menemukan bahwa ia tidak diberi makan selama satu minggu sebelum kematiannya pada September 2019. Sheila dan suaminya, Ryan sempat menelepon 911 setelah anak mereka berhenti bernapas. Namun semua sudah terlambat.

Jaksa yang menangani kasus ini mengungkap bahwa saat kejadian, Sheila tidak memedulikan bayinya yang terus-menerus menangis. Begitu pula suaminya, yang juga dinyatakan bersalah dan sedang menunggu putusan.

Ezra yang merupakan anak bungsu dari empat bersaudara dilahirkan di rumah dan tidak pernah dibawa ke dokter untuk diperiksa kesehatannya. Menurut laporan polisi, di hari kematiannya, batita itu sedang menyusu ketika dia tiba-toba kesulitan bernapas.

Alih-alih meminta pertolongan, orangtuanya justru pergi tidur. Saat mereka bangun, sang bayi sudah tidak bernapas.

Dua anak Sheila lainnya yang berusia tiga tahun dan lima tahun juga dilaporkan mengalami malnutrisi. Kulit mereka tampak kekuningan dan salah satunya mengalami kerusakan gigi hingga warnanya hitam.

Sementara anak sulung Sheila yang berusia 11 tahun dari pernikahan sebelumnya, kondisi fisik dan kesehatannya jauh lebih baik. Polisi menduga hal ini karena saat dia berkunjung ke rumah ayahnya -mantan suami Sheila- anaknya itu diberi diet yang lebih bernutrisi.

Selama dalam pengasuhan sang ibu, ketiga anaknya menjalani diet vegan. Sebagian besar makanan yang mereka asup adalah mangga, pisang, alpukat dan rambutan.



Simak Video "Emak-emak di Solo Meriahkan Parade Kebaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)