Kisah Anabella Jusuf, Influencer Vegan Lawan Jerawat dengan Tak Makan Daging

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 22 Okt 2021 16:45 WIB
Annabella Foto: Instagram/@justannabella
Jakarta -

Memiliki kulit yang mulus dan bebas dari jerawat merupakan idaman banyak orang. Untuk mencapainya, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan melakukan pola hidup sehat, seperti menjadi vegetarian.

Influencer yang juga merupakan vegan advocate, Annabella pun menceritakan kisahnya berjuang mengatasi jerawat dengan melakukan diet vegan. Melalui webinar bersama BASE dalam 'Base Talk Vol.3' yang diadakan melalui Zoom pada 21 Oktober 2021, Anabella pun menceritakan perjalanannya mengatasi jerawat dengan menjadi vegetarian.

"I was struggling with acne dan aku dengar kalau diet vegan itu bagus untuk kesehatan kulit. So that was made me interested. Alasannya lumayan egois, bukan gara-gara hewan, bukan gara-gara environmental, it was just a very selfish reason. Dan waktu itu belum commit juga, baru 5 hari seminggu aku berusaha makan vegan," terang wanita yang akrab disapa Anna itu.

Anna menjelaskan bahwa walaupun awalnya masih belum rutin, namun perubahan yang cukup signifikan sudah mulai dirasakannya. Anna pun baru memutuskan untuk benar-benar berkomitmen menjadi seorang vegetarian usai dirinya menonton sebuah film dokumenter berjudul Earthlings. Setelah menonton itu, Anna mengaku bahwa alasannya untuk menjadi vegetarian tak lagi hanya karena masalah jerawat, melainkan juga karena hewan.

Untuk menjadi seorang vegetarian sendiri diakui Anna tidaklah mudah. Dia harus benar-benar memilih makanan yang memang berasal dari tumbuh-tumbuhan, bukan dari hewan.

"Awalnya karena aku ingin mencoba vegan untuk kesehatan kulit, makanan aku memang lumayan sehat. Jadi mulai dengan smoothie bowl, terus kalau ingin masak, ya aku masak yang whole food plant based, jadi jarang pakai minyak, jarang pakai yang proses. So, you know, banyak tempe, tofu, sayur-sayuran, brokoli," terangnya.

Anna sendiri sudah mulai mencoba diet vegan di tahun 2016. Namun dirinya baru berkomitmen untuk menjadi seorang vegetarian di tahun 2017. Diakui Anna selama menjadi seorang vegetarian makannya menjadi lebih banyak. Walaupun demikian, tidak sulit baginya untuk tetap mengontrol berat badannya selama menjadi seorang vegetarian.

Anna juga mengatakan kini jerawat di wajahnya sudah tak lagi menjadi masalah dan kulitnya menjadi lebih mulus. Tak hanya itu saja, manfaat positif lain juga dirasakan Anna untuk kesehatan tubuhnya.

"Aku inget sebelum aku vegan, kalau aku ingin olahraga atau beraktivitas fisik, aku harus makan kayak 2 jam sebelum olahraga, kalau nggak pasti cramping. And now i feel like 30 menit atau 40 menit aja udah cukup, i don't know why," jelasnya.

Menjadi vegetarian sendiri juga membuat Anna merasakan beberapa efek samping. Anna mengaku bahwa dirinya jadi lebih sering buang air besar dan juga kentut. Hal itu dirasakan Anna di bulan-bulan awal ketika dirinya menjadi vegetarian.

Anna pun memberikan saran kepada orang-orang yang ingin mencoba menjadi vegetarian. Menurutnya, yang terpenting adalah mulai secara perlahan dan dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Seperti dengan mengganti gaya hidup menjadi lebih sehat, menggunakan produk perawatan kulit yang memang terbuat dari bahan-bahan vegan.

"Menurut aku yang paling gampang sih mulai pelan-pelan. Dan aku suka encourage teman-teman aku kalau ingin mulai pola hidup yang clean atau lebih environmental friendly belum tentu vegan, it's okay, really good idea to start with your skincare routine," terangnya.

"Aku pikir jika kamu mau lebih sehat, jangan diet. Karena diet itu sesuatu yang temporary, bukan sesuatu yang long term. Mendingan mikirin long term, ubah gaya hidup kamu, do something that you can stick to forever," tambah Anna.



Simak Video "Nuansa Gelap Poster Drakor Jisoo BLACKPINK-Jung Hae In 'Snowdrop'"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)