10 Makanan yang Cocok untuk Diet, Bikin Kenyang dan Sehat

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 08 Jun 2022 13:02 WIB
Food Foto: Getty Images/iStockphoto/byryo

Jakarta -

Mengurangi berat badan dengan cara diet tak melulu harus puasa makan hingga menahan lapar. Ada makanan yang cocok untuk diet dan bikin kenyang. Apa saja?

Berbagai cara sehat bisa dilalukan untuk mengurangi badan. Selain olahraga, mengonsumsi makanan tertentu juga merupakan alternatif untuk mendukung diet.

Berikut ini makanan yang cocok untuk diet yang sehat menurut sains:

1. Telur utuh

Meskipun asupan telur dapat meningkatkan kadar kolesterol, telur adalah salah satu makanan yang cocok untuk diet. Telur sangat padat nutrisi. Kuning telur mengandung kolin dan vitamin D, putih telur mengandung 4-6 gram protein.

Karena tinggi protein dan lemak, telur membantu merasa kenyang. Hal tersebut dapat membantu memerangi makan berlebihan.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, sawi hijau, merupakan makanan yang cocok untuk diet. Mereka mengemas serat dan nutrisi yang membuat kamu kenyang dan terhidrasi.

Terlebih lagi, sayuran hijau mengandung thylakoids, senyawa tanaman yang telah dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan manajemen nafsu makan yang lebih baik dalam setidaknya dua penelitian pada manusia. Sayuran hijau juga memiliki berbagai macam serat dan mikronutrien dan hampir selalu merupakan tambahan yang bagus untuk diet

3. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon bergizi dan mengenyangkan. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting. Kombinasi itu membuat kamu kenyang dan dapat membant mencapai berat badan yang lebih sehat

Salmon sarat dengan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolik.

4. Dada Ayam

Dada ayam dan beberapa daging tanpa lemak adalah makanan yang cocok untuk diet. Namun, asupan tinggi daging merah dan olahan dikaitkan dengan risiko kanker, diabetes, kematian dini, dan penyakit jantung yang lebih tinggi

Secara nutrisi, ayam dan daging merah sama-sama tinggi protein dan zat besi. Dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak seperti tenderloin atau flank steak mengemas protein dan zat besi dan memiliki lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan potongan lainnya.

(eny/eny)