Perhatikan Hal Ini Jika Kamu Rutin Konsumsi Vitamin Selama Pandemi Corona

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 26 Jan 2022 13:00 WIB
Young happy smiling mixed race woman sitting on a sofa at living room, holding glass of pure water, taking daily vitamin d, c complex, supplements for hair, skin and nail strengthen, healthcare concept. Ilustrasi meminum suplemen vitamin. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Konsumsi vitamin diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih, saat ini muncul COVID-19 varian Omicron dengan jumlah penambahan kasus setiap harinya.

Namun, dosis vitamin yang dikonsumsi perlu diperhatikan. Hal itu diingatkan oleh dr. Nadia Alaydrus, dokter sekaligus health influencer saat acara perilisan YOUVIT Multivitamin, Selasa (25/1/2022).

Dosis vitamin yang dikonsumsi sehari-hari harus seimbang. Sebab bila berlebih, dapat merusak fungsi organ-organ tubuh, dan bila kurang membuat imunitas tubuh menurun.

"Tentunya kalau kekurangan, imunitas kita jadi menurun. Dari imunitas menurun, produktivitas juga jadi menurun. Kita jadi gampang lemes, gampang sakit. Apalagi sekarang virus ada di mana-mana, jadi kita usahakan selalu memiliki imunitas yang baik," jelas dr. Nadia Alaydrus.

"Kalau kelebihan bisa merusak fungsi ginjal, fungsi hati, karena mereka yang harusnya kerjanya nggak berlebihan malah disuruh berlebihan. Kalau konsumsi suplemen vitamin harus sesuai dosisnya," lanjutnya.

Dokter berumur 28 tahun itu mengurutkan vitamin yang diperlukan tubuh dan dapat diperoleh dari suplemen. Di antaranya A, C, D, E, dan K yang memiliki perannya masing-masing dan bisa menjaga imunitas tubuh.

"Gabungan dari semua vitamin, termasuk vitamin A, C, D, E, dan K karena mereka punya fungsinya masing-masing," ucap Nadia Alaydrus.

Lebih lanjut, pemilik akun Instagram @nadialaydrus itu mengingatkan hal yang harus dilakukan guna menjaga imunitas tubuh selama pandemi. Konsumsi suplemen vitamin harus diimbangi dengan memakan makanan yang bergizi, olahraga teratur, dan pola tidur yang cukup yakni 6-8 jam.

"Lebih baik kita menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen vitamin, makan makanan dengan gizi yang seimbang, dan jangan lupa dilengkapi yang lainnya. Olahraga teratur, tidur 6-8 jam," pungkas pembawa acara Dokter Traveler yang tayang di Trans TV.



Simak Video "Covid-19 Zodiaknya Apa Sih? Tangguh Amat!"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)