ADVERTISEMENT

5 Buah yang Bagus untuk Diet Penurunan Berat Badan, Konsumsi Rutin

Hestianingsih - wolipop Selasa, 11 Jan 2022 07:30 WIB
Ilustrasi wanita makan buah apel dan pisang Ilustrasi buah yang bagus untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm
Jakarta -

Buah kaya akan serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Tapi apa saja buah yang bagus untuk diet, terutama diet untuk menurunkan berat badan?

Dari sekian banyak jenis buah, beberapa buah memang diketahui bisa membantu program penurunan berat badan. Buah yang bagus untuk diet umumnya memiliki karakter tertentu yakni kaya serat, rendah gula serta mengenyangkan dalam waktu lama.

Berikut ini jenis-jenis buah yang bagus untuk diet, bisa kamu santap setiap hari bersama makanan sehat lainnya.

1. Alpukat

Meskipun mengandung kalori cukup tinggi ketimbang buah lainnya --180 kalori per setengah potong-- penelitian menunjukkan bahwa alpukat sebenarnya bisa menjadi makanan yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Jurnal Cell Metabolism mencatat alpukat membuat perut terasa lebih penuh sehingga hasrat makan lebih terkontrol.

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang mendorong produksi senyawa tertentu di dalam usus kecil. Bagian usus inilah yang mengendalikan rasa lapar.

"Alpukat merupakan sumber yang baik untuk nutrisi penting dan lemak sehat seperti oleic acid, yang membantu menurunkan kolesterol dan pilihan ideal untuk program penurunan berat badan," jelas pakar fitnes dan kesehatan David Lloyd Leisure, seperti dikutip dari Daily Mail.

2. Pisang

Saat mencoba menurunkan berat badan, beberapa orang mungkin menghindari pisang karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Pisang memang lebih padat kalori dibandingkan banyak buah lainnya, tapi di sisi lain juga lebih padat nutrisi, memasok kalium, magnesium, mangan, serat, banyak antioksidan, dan vitamin A, B6, dan C.

Selain itu pisang memiliki glikemik indeks rendah hingga sedang sehingga dapat membantu mengontrol kadar insulin dan mengatur berat badan - terutama untuk orang yang menderita diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan pisang setiap hari mengurangi gula darah dan kolesterol pada orang dengan kolesterol tinggi.

Makanan berkualitas tinggi, padat nutrisi, dan rendah kalori seperti pisang sangat penting untuk rencana penurunan berat badan yang sehat. Tapi tetap batasi konsumsinya, cukup satu buah per hari.

3. Jeruk

Buah yang bagus untuk diet lainnya adalah jeruk. Buah dengan rasa manis-asam-segar ini rendah kalori dan mengandung banyak vitamin C serta tinggi serat yang memberi efek kenyang lebih lama.

Faktanya, makan satu butir jeruk empat kali lebih mengenyangkan dari pada croissant dan dua kali lebih mengenyangkan daripada muesli bar.

4. Kiwi

Buah kiwi sangat padat nutrisi. Kiwi bisa menjadi sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik, dan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Dalam sebuah penelitian, 41 orang dengan pradiabetes makan dua buah kiwi emas per hari selama 12 minggu. Mereka mengalami kadar vitamin C yang lebih tinggi, penurunan tekanan darah, dan penurunan lingkar pinggang 1,2 inci (3,1 cm).

Selain itu, kiwi kaya akan serat makanan. Satu buah kecil yang dikupas (69 gram) memiliki lebih dari 2 gram serat, sedangkan kulitnya sendiri menyediakan 1 gram serat tambahan. Diet tinggi serat dari buah-buahan dan sayuran telah terbukti dapat menurunkan berat badan, meningkatkan rasa kenyang, dan memelihara kesehatan usus.

5. Apel

Apel merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat, dengan 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah ukuran besar (223 gram) juga terbukti mendukung penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, wanita diberi tiga apel, tiga pir, dan tiga kue gandum - dengan nilai kalori yang sama - per hari selama 10 minggu. Kelompok apel kehilangan 2 pon (0,91 kg) dan kelompok pir 1,6 pon (0,84 kg), sedangkan kelompok gandum beratnya tidak berubah.

Selain itu, sebuah studi observasi pada 124.086 partisipan menentukan bahwa orang yang makan apel turun berat badan rata-rata 0,56 kg per porsi harian selama periode empat tahun. Penelitian menunjukkan bahwa apel paling baik dimakan utuh - daripada dijus - untuk mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan.

Itulah lima buah yang bagus untuk diet. Perlu diingat, meskipun sehat dan rendah kalori, tetap batasi asupan makannya maksimal satu butir per hari. Konsumsi berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan dan justru menambah kalori yang tidak perlu.



Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)