ADVERTISEMENT

7 Jenis Kacang dan Manfaatnya yang Sehat untuk Camilan Diet

Arina Yulistara - wolipop Senin, 20 Des 2021 07:00 WIB
Jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet. Foto: iStock Jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet. Foto: iStock
Jakarta -

Sedang diet? Mungkin bisa memilih salah satu dari jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet.

Dibanding mengambil keripik atau makanan manis, kamu bisa mencoba menjalani diet sehat dengan memilih jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet. Asal tidak berlebihan, banyak jenis kacang dengan segudang manfaat yang sehat untuk camilan saat diet.

Kacang kaya akan serat lemak sehat, dan protein nabati yang baik. Beragam jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan pun bisa dipadukan dengan berbagai menu camilan, seperti buah, salad, hingga dessert.

Mengutip Healthline, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan bisa membantu mendapatkan berat badan ideal. Tidak hanya itu, salah satu jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan juga bisa membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu, termasuk penyakit jantung.

Tak sedikit jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan bisa diberikan kepada anak-anak. Faktanya, penelitian memaparkan bahwa menambahkan kacang ke dalam makanan anak dapat meningkatkan asupan protein, lemak sehat, dan seratnya.

Masih bingung apa saja jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet? Berikut jenis-jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet:

1. Almond

7 Manfaat Susu Almond, Turunkan Berat Badan hingga Sehatkan JantungJenis kacang, almond. Foto: Getty Images/Rocky89

Almond merupakan salah satu jenis kacang dan punya manfaat yang sehat untuk camilan diet. Kamu bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau dipanggang. Almond sering dibuat menjadi mentega, tepung, dan susu.

Almond kaya akan nutrisi penting, seperti mengandung sumber lemak sehat, protein, serat, beberapa vitamin, dan mineral yang baik. Mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti peningkatan kolesterol LDL (jahat) serta lemak perut berlebih.

2. Pisctahio

PistachioJenis kacang, pistachio Foto: iStock

Salah satu jenis kacang dan punya manfaat yang sehat untuk camilan diet adalah pistachio atau kacang hijau. Pistachio rendah kalori dan lemak dibanding jenis kacang lainnya.

Pistachio memiliki banyak nutrisi, termasuk vitamin B6, yang dibutuhkan untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Ini juga tentu menjadi jenis kacang dan punya manfaat yang sehat untuk camilan diet karena membantu menurunkan berat badan secara lebih sehat.

Dalam sebuah penelitian yang selama 4 bulan dengan melibatkan 100 orang dengan kelebihan berat badan, satu kelompok makan 1,5 ons (42 gram) pistachio per hari. Sementara kelompok lainnya hanya berpartisipasi dalam program penurunan berat badan.

Meski kedua kelompok kehilangan berat badan yang sama namun kelompok yang mengonsumsi pistachio per hari mengalami penurunan yang signifikan dalam tekanan darah dan peningkatan antioksidan darah. Jadi tidak hanya bisa langsing tapi juga lebih sehat.

3. Kenari

kenariJenis kacang, kenari Foto: iStock

Jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet adalah kenari. Kenari telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan bisa mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol jahat, dan kadar trigliserida.

Kenari kaya akan sumber tembaga dan mangan yang sangat baik. Manfaatnya tentu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

4. Mete

Kacang Mete Goreng Bawang Putih dan SantanJenis kacang, mete. Foto: detikfood/Odilia

Jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan selanjutnya adalah mete. Kacang mete memiliki tekstur yang renyah dan rasa creamy di mulut sehingga banyak disukai.

Kacang mete kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk protein, vitamin K, magnesium, dan mangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang mete dapat meningkatkan kadar lemak darah dan mengurangi tekanan darah.

Jenis kacang dan manfaatnya yang sehat untuk camilan diet, KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2