Mengenal Diet Ketogenik, Turunkan Berat Badan hingga 4 Kg Seminggu

Arina Yulistara - wolipop Senin, 13 Des 2021 09:45 WIB
Diet ketogenik. Foto: thinkstock Diet ketogenik. Foto: thinkstock
Jakarta -

Sedang mencari cara diet sehat tapi bisa turun berat badan secara cepat? Yuk mengenal diet ketogenik yang bisa turunkan berat badan hingga 4 kilogram (kg) seminggu.

Jika belum mengenal diet ketogenik, kamu bisa mencoba melakukannya di rumah. Sebelum mengenal diet ketogenik, pahami dulu mengenai serba-serbi diet ketogenik.

Beberapa selebriti sudah mengenal diet ketogenik dan menjalaninya bahkan berhasil menurunkan berat badan secara cepat. Salah satu influencer yang mengenal diet ketogenik dan mencobanya adalah Dian Pelangi.

Dian Pelangi mengenal diet ketogenik pada 2018 lalu dan menjalaninya hingga berhasil turun berat badan 4 kg dalam seminggu. Dian Pelangi tak hanya melakukan diet ketogenik tapi juga mengimbanginya dengan olahraga.

"Aku diet keto dibarengi dengan olahraga. Seminggu bisa turun 3-4 kg," ujar Dian Pelangi saat diwawancarai Wolipop pada 2018 lalu.

Masih belum mengenal diet ketogenik? Ayo mengenal diet ketogenik secara rinci agar bisa mantap saat menjalaninya.

Diet ketoMenu Diet Ketogenik Foto: Thinkstock

Mengenal Diet Ketogenik

Mengenal diet ketogenik yang merupakan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet ketogenik memiliki banyak kesamaan dengan diet rendah karbohidrat.

Untuk mengenal diet ketogenik, kamu harus melakukan pengurangan asupan karbohidrat secara drastis dan menggantinya dengan lemak. Pengurangan karbohidrat akan menempatkan tubuh ke dalam keadaan metabolisme yang disebut ketosis.

Mengutip dari Healthline, tahap ketosis muncul ketika energi yang dibakar berasal dari lemak sehingga berat badan lebih cepat turun. Ketosis juga akan mengubah lemak menjadi keton di hati, yang dapat memberikan asupan energi untuk otak.

Saat kamu mengenal diet ketogenik kemudian sampai tahap mengalami ketosis, tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar bukan karbohidrat. Ini terjadi saat kamu secara signifikan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula, yang merupakan sumber energi utama untuk sel tubuh.

Untuk berada dalam keadaan ketosis, umumnya hanya melibatkan karbohidrat sekitar 20 gram sampai 50 gram per hari. Kamu bisa lebih banyak mengisi makanan tinggi lemak seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan minyak sehat.

Penting juga mengonsumsi kebih banyak protein. Protein bisa diubah menjadi glukosa jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi yang akan memperlambat transisi tubuh menjadi ketosis.

Tanda Tubuh Masuk ke Tahap Ketosis

Gejala tertentu bisa menunjukkan bahwa kamu telah memasuki tahap ketosis. Salah satu tanda kamu sudah mengenal diet ketogenik adalah mudah merasa haus, mulut kering, sering buang air kecil, penurunan rasa lapar dan nafsu makan. Kondisi ini umumnya dirasakan setelah dua hingga tujuh hari pertama menjalani diet keto.

"Mekanismenya mengandalkan pemecahan lemak yang biasanya timbul saat puasa atau kelaparan, sehingga lemak menjadi sumber energi utama, bukan karbohidrat," jelas ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, seperti dikutip dari detikHealth.

Menu Diet Keto


Ketika mengenal diet ketogenik, ada beberapa makanan yang disarankan dan perlu dikurangi secara signifikan. Apa saja makanan yang disarankan saat mengenal diet ketogenik?

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk menu diet ketogenik.

Selanjutnya
Halaman
1 2