Diet Keto Dapat Predikat Diet Paling Buruk di 2020

Hestianingsih - wolipop Rabu, 08 Jan 2020 13:40 WIB
Diet keto dinilai sebagai Diet Paling Buruk 2020. Foto: Thinkstock
Jakarta - Dalam dua tahun terakhir diet ketogenic, atau lebih singkatnya diet keto, digadang-gadang sebagai diet paling efektif menurunkan berat badan. Tapi menurut laporan US News & World, diet keto justru mendapat predikat Diet Paling Buruk di 2020.

Setiap tahunnya US News & World Report merilis daftar diet terbaik dan terburuk di awal Tahun Baru. Nah, di 2020 ini, diet keto untuk kedua kalinya dianggap sebagai diet terburuk di antara 35 tipe diet lainnya.

Meski begitu, diet keto tetap diminati dan menjadi salah satu tren diet terpopuler.


Diet Keto Dapat Predikat Diet Paling Buruk di 2020Ilustrasi diet keto. Foto: iStock

Diet keto mengacu pada pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak serta protein. Diet ini akan menggiring tubuh menuju keadaan 'ketosis', di mana energi yang terbakar berasal dari lemak dan bukan gula. Dengan demikian berat badan jadi turun dengan cepat.

Para pakar kesehatan dan nutrisi meragukan efektivitas diet keto dalam menurunkan berat badan dengan cara sehat. Panel yang terdiri dari nutrisionist, dokter spesialis diabetes hingga kesehatan jantung justru menilai diet keto adalah yang terburuk jika kamu berniat mengubah pola makan jadilebih sehat.

Ranking ini dibuat berdasarkan tujuh kategori. Setiap tipe diet diurutkan dari skala satu sampai lima. Kategori tersebut adalah kelengkapan nutrisi, mudah/tidak untuk diikuti, potensi jangka panjang/pendek penurunan berat badan, keamanan dan efek samping, serta potensi diet membantu mencegah penyakit degeneratif seperti jantung dan diabetes.
Diet Keto Dapat Predikat Diet Paling Buruk di 2020Ilustrasi diet keto. Foto: Thinkstock

Dari tujuh kategori tersebut, diet keto selalu mendapat skor terendah. Seperti dikutip dari Insider, diet dengan makanan mengandung lemak jenuh tinggi seperti butter dan daging merah bisa meningkatkan risiko sakit jantung. Maka untuk tingkat keamanan, diet keto mendapatkan skor rendah.


Untuk diet jangka panjang, diet keto juga tidak direkomendasikan. Sebab pola makan ini sangat membatasi asupan yang seharusnya dibutuhkan tubuh. Misalnya saja tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali termasuk buah, sayur dan biji-bijian.

Padahal tubuh tetap membutuhkan gula dan vitamin sebagai sumber energi yang didapatkan dari sayur serta buah. Hal ini menyebabkan diet keto sulit diikuti untuk jangka panjang.

Satu-satunya skor tinggi yang diberikan panel untuk diet keto adalah efektivitas menurunkan berat badan. Tak dipungkiri kalau diet keto memang bisa mengurangi bobot dengan cepat. Ia berada di ranking tiga untuk kategori ini.
Diet Keto Dapat Predikat Diet Paling Buruk di 2020Ilustrasi diet Mediterania. Foto: iStock


Sementara itu Diet Terbaik di 2020 jatuh kepada diet Mediterania. Ini merupakan tahun ketiga diet berbasis tumbuh-tumbuhan dan terbuat dari bahan makanan utuh tersebut dinobatkan sebagai yang paling baik dan sehat.

Diet Mediterania juga dinilai sebagai diet yang paling mudah diikuti, paling baik untuk mencegah diabetes dan diet berbasis makanan terbaik. Tipe diet ini memasukkan berbagai jenis makanan bernutrisi tinggi. Mulai dari kacang-kacangan, gandum, biji-bijian, sayur, buah serta makanan laut.

Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)