3 Cara Diet Sehat Paling Efektif Turunkan Berat Badan Menurut Penelitian

Hestianingsih - wolipop Rabu, 24 Nov 2021 08:00 WIB
Food Ilustrasi cara diet sehat. Foto: Getty Images/iStockphoto/byryo
Jakarta -

Ada puluhan cara diet yang diciptakan dengan klaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun tidak semuanya sehat dan aman bagi tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan dari Cardiovascular Associates of Virginia Beach, ada tiga cara diet yang dianggap paling sehat dan aman dilakukan dalam jangka panjang atau dijalankan sehari-hari. Apa saja?

Diet Paleo

Para peneliti menemukan bahwa diet Paleo adalah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan cara sehat dan hasilnya tahan lama. Temuan ini berdasarkan studi yang melibatkan 280 responden, terdiri dari pria dan wanita dengan masalah kelebihan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa responden yang melakukan diet Paleo berhasil menurunkan berat badan paling banyak, rata-rata sekitar 6 kg selama 60 hari. Hasil ini dibandingkan dengan tiga metode diet sehat lainnya yakni Vegan, DASH dan Mediterania.

Diet DASH

Diet DASH mengharuskan konsumsi banyak sayur dan buah, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, ayam, gandum utuh serta lemak sehat yang ramah bagi jantung. Cara diet ini membolehkan konsumsi susu namun hanya yang rendah lemak atau bebas lemak. Sangat disarankan mengonsumsi buah dan sayur bersama makanan kaya protein agar perut terasa kenyang lebih lama.

Menerapkan diet DASH terbukti dapat mengurangi berat badan sebanyak 3,6 kg dalam dua bulan. Selain itu diet ini juga bagus untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Trigliserida merupakan jenis lemak dalam darah dan merupakan hasil uraian tubuh pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi, lalu masuk ke tubuh serta terbentuk di hati. Jika jumlahnya berlebihan, berisiko menyebabkan diabetes tipe 2.

Diet Mediterania

Berdasarkan penelitian, diet ini hanya menurunkan sekitar 2,2 kg berat badan jika dijalani secara rutin selama 60 hari. Namun diet ini dianggap cukup sehat dan paling mudah dilakukan ketimbang dua metode diet sebelumnya.

Cara diet ini mengharuskan kamu mengonsumsi whole food dan menghindari produk makanan olahan. Whole food adalah makanan yang diolah dari bahan-bahan segar. Bukan produk dalam kemasan maupun yang dibekukan.

Beberapa jenis makanan yang termausk whole food terdiri dari buah-buahan dan sayuran segar, ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian. Diizinkan juga minum red wine sesekali dalam satu bulan.



Simak Video "Nuansa Gelap Poster Drakor Jisoo BLACKPINK-Jung Hae In 'Snowdrop'"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)