8 Vitamin yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 09 Agu 2021 08:35 WIB
Portrait of woman wearing surgical mask at home. Covid-19, coronavirus and quarantine concept. Vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/klebercordeiro
Jakarta -

Pada masa andemi Covid-19 ini menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat menjadi satu hal yang penting. Mengonsumsi vitamin pun kini menjadi satu keharusan agar tubuh tetap terlindungi dari virus. Apa saja vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh?

Ada berbagai jenis vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Dan vitamin-vitamin ini sebenarnya terkandung dalam sayur dan buah. Namun sayangnya kita sering terlalu sedikit mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup setiap harinya.

"Sistem imun yang sehat tergantung keseimbangan pola makan sehat dari waktu ke waktu. Ini seperti latihan untuk perang dan kita harus mempersiapkan tubuh terus-menerus sehingga bisa menyerang virus, bakteri dan racun. Perlu juga menjalani gaya hidup sehat seperti rutin olahraga dan tidur yang cukup agar kita lebih siap untuk melawan virus," ujar pakar diet Maxine Smith seperti dikutip dari clevelandclinic.

Dan menurut Smith agar hidup lebih sehat, lebih baik mendapatkan asupan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh dari makanan yang dikonsumsi ketimbang suplemen tambahan. Apa saja vitamin tersebut?

Berikut vitamin yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat:

1. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi atau mempersingkat masa tinggal virus. Buah jeruk atau jambu biji merah termasuk sumber vitamin C yang baik dan dapat dikonsumsi. Makanan lain yang mengandung vitamin C dan bisa kamu konsumsi antara lain: bayam, kubis, paprika, kubis, stroberi dan pepaya.

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C mungkin membuat kamu tidak perlu mengonsumsi suplemen kecuali jika disarankan oleh dokter. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C apapun.

2. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga termasuk vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Vitamin E bisa menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi dan virus. Vitamin penting ini bagi dari hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh dan sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan kamu.

Untuk mendapatkan vitamin E, bisa mengonsumsi makanan nabati tinggi lemak seperti: kacang almond, kacang tanah atau selai kacang, biji bunga matahari, dan minyak kedelai.

Healthy food: large selection of fresh organic multicolored vegetables in a crate shot on dark wooden table. Fruits and vegetables included in the composition are watermelon, oranges,lime, lemons, banana,grape, strawberries, apples, pears, blueberries, tamarind, kale, tomatoes, squash, asparagus, celery, eggplant, carrots, lettuce, edible mushrooms, bell peppers, cauliflower, ginger, corn, bok choy, raw potatoes, chili peppers among others. High resolution studio digital capture taken with Sony A7rII and Sony FE 90mm f2.8 macro G OSS lensVitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh bisa didapat dari sayur dan buah yang dimakan sehari-hari. Foto: Getty Images/fcafotodigital

3. Vitamin A

Vitamin A dapat menjadi penangkal infeksi. Vitamin A bisa didapatkan dalam dua cara: pertama melalui makanan hewani seperti ikan, daging dan susu. Kedua dari karotenoid tumbuhan. Tuna adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Sedangkan dalam hal karotenoid, kamu bisa mendapatkannya dari makanan warna-warni seperti: wortel, ubi jalar, labu, blewah, dan sayuran berdaun hijau tua.

4. Vitamin D

Vitamin D dikenal dengan vitamin sinar matahari dan termasuk nutrisi paling penting dan kuat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain berjemur kamu bisa dapatkan dari makanan yang meliputi: Ikan salmon, Ikan kembung, tuna, dan sarden.

Vitamin yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh ini juga bisa didapatkan dari susu, jus jeruk dan sereal. Secara umum, yang terbaik adalah mendapatkan sebagian besar vitamin dari makanan. Tetapi vitamin D mungkin merupakan pengecualian untuk aturan itu. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui apakah kamu memerlukan suplemen vitamin D.

5. Folat/Asam Folat

Folat adalah bentuk alami dan asam folat merupakan bentuk sintetis yang sering ditambahkan ke makanan karena manfaat kesehatannya. Untuk mendapatkan lebih banyak folat, tambahkan lebih banyak kacang dan lentil ke piring kamu secara teratur, serta sayuran berdaun hijau. Alpukat adalah sumber lezat lainnya dari folat.

6. Zat Besi atau Iron

Zat besi membantu tubuh kamu membawa oksigen ke sel-sel juga berperan dalam banyak proses sistem kekebalan tubuh. Tubuh kamu dapat lebih mudah menyerap zat besi heme (alias zat besi dari produk hewani), yang berlimpah di dalam daging merah (batasi jumlah yang lebih kecil dan lebih jarang), ayam, sarden kalengan, tiram, kerang, dan tuna kalengan.

Jika kamu seorang vegetarian, kamu bisa mendapatkannya dari kacang polong, brokoli, kubis dan dan kale.

7. Selenium

Selenium memiliki efek kuat pada sistem kekebalan yang penting untuk mencegah infeksi. Makanan hewani adalah sumber terbaik dari selenium, kecuali kacang Brazil, yang menawarkan nilai harian lebih dari 100% dalam satu kacang.

Namun, terlalu banyak selenium juga bisa menjadi masalah. Kamu bisa mendapatkan selenium dari makanan laut (tuna, halibut, sarden), daging, unggas dan keju.

8. Seng atau Zinc

Seng dibutuhkan untuk produksi sel sistem kekebalan baru. Seng atau zinc ditemukan terutama dalam makanan hewani dan sayuran di antaranya: tiram, kepiting, daging dan unggas tanpa lemak, kacang panggang, yoghurt dan buncis.

Itu tadi beberapa vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh kamu. Namun kamu harus ingat kekebalan tubuh, tidak boleh hanya mengandalkan supplemen saja. Kamu juga harus melakukan hidup sehat seperti mengatur pola makan agar seimbang yang padat nutrisi, cukup tidur, melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti olahraga, dan tidak merokok (atau mempertimbangkan untuk berhenti, jika kamu merokok).

(eny/eny)