Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh Bisa Dengan Konsumsi 12 Buah Ini

Lukita Wardhani - wolipop Sabtu, 31 Jul 2021 17:00 WIB
Christmas fruitcake with sugar icing and candied fruits Buah-buahan mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/SherSor
Jakarta -

Pada masa pandemic Covid-19 seperti saat ini mengonsumsi vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tubuh agar tetap sehat. Salah satu vitamin yang diperlukan ialah Vitamin C. Dari mana kita bisa mendapat Vitamin C untuk daya tahan tubuh?

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup. Selain dengan mengonsumsi suplemen, kamu bisa mendapatkan vitamin C secara alami dengan mengonsumsi buah-buahan.

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat, serta memiliki efek positif pada kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C juga penting untuk sintesis kolagen, jaringan ikat, tulang, gigi dan pembuluh darah kecil kamu.

Berikut 12 buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh:

1. Jambu

Jambu merupakan buah tropis berdaging merah muda yang berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Dalam satu jambu biji mengandung 126 mg vitamin C, atau 140% dari kebutuhan harian. Jambu biji juga sangat kaya akan antioksidan likopen

Sebuah studi yang dilakukan selama enam minggu dan melibatkan 45 orang muda sehat mengungkap manfaat jambu biji. Mereka makan 400 gram jambu biji kupas per hari, atau sekitar 7 buah dan hasilnya secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

2. Kiwi

Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C, atau 79% dari kebutuhan harian. Menurut penelitian vitamin C yang kaya terkandung dalam kiwi dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.

kupas kiwiKiwi, buah mengandung vitamin c untuk daya tahan tubuh Foto: iStock

Studi lain pada 14 pria dengan kekurangan vitamin C menemukan bahwa makan dua kiwi setiap hari selama empat minggu meningkatkan aktivitas sel darah putih sebesar 20%. Kadar vitamin C dalam darah menjadi normal setelah hanya satu minggu, meningkat sebesar 304%

3. Lemon

Lemon mengandung 77 mg vitamin C per 100 gram. Dan satu buah lemon memenuhi 92% kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C dalam lemon memiliki manfaat antioksidan yang kuat. Lemon juga dapat menjaga buah dan sayuran yang sudah dipotong agar tidak berubah warna menjadi coklat.

4. Leci

Satu leci menyediakan hampir 7 mg vitamin C, atau 7,5% dari kebutuhan harian. Dan saat makan satu cangkir leci bisa memenuhi 151% kebutuhan harian vitamin C. Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah kamu.

5. Pepaya

Mendapatkan vitamin c alami untuk daya tahan tubuh kamu bisa mengonsumsi pepaya. Satu cangkir (145 gram) pepaya menyediakan 87 mg vitamin C, atau 97% dari kebutuhan harian. Vitamin C pada pepaya membantu memori dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat di otak kamu.

7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Sehatkan Pencernaan hingga KulitPepaya mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh. Foto: iStock

Dalam satu penelitian, 20 orang dengan Alzheimer ringan diberi ekstrak pepaya terkonsentrasi selama enam bulan. Hasilnya menunjukkan penurunan peradangan dan pengurangan 40% stres oksidatif.

6. Stroberi

Vitamin C untuk daya tahan tubuh bisa kamu peroleh dari buah berwarna merah ini. Stroberi mengandung 59 mg vitamin C per 100 gram. Satu cangkir stroberi mengandung 89 mg vitamin C. Buah bergizi ini dapat membantu kesehatan jantung dan otak kamu.

7. Jeruk

Jeruk mengandung 53 mg vitamin C per 100 gram. Satu jeruk ukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali, mandarin dan limau, juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

8. Tomat

Petani Gapoktan Regge memanen tomat di kebun di Desa Cukanggenteng, Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat. Yuk, intip foto-fotonyaTomat mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh. Foto: Agung Pambudhy


Dalam satu cangkir jus tomat atau 170 mg mengandung 188,9 persen dari persentase nilai harian 90 mg kebutuhan vitamin C.

9. Mangga

Satu cup buah mangga mentah atau sekitar 60,1 mg mengandung vitamin C sebanyak 66,7 % dari persentase nilai harian 90 mg.

10. Nanas

Untuk buah nanas dalam satu cup atau sekitar 78,9 mg mengandung vitamin C sebanyak 87,7 % dari persentase nilai harian 90 mg.

Cara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benarNanas mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto

11. Blewah

Satu cangkir buah blewah atau 57,3 mg mengandung vitamin C sebanyak 63,7 % dari persentase nilai harian 90 mg .

12. Apel


Dalam setiap 100 gram mengandung 5 mg vitamin C. Selain memiliki manfaat vitamin C, apel juga kaya antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker, stroke dan jantung.

Itulah tadi buah-buahan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin C untuk daya tahan tubuh.



Simak Video "STUDIO POP SHOW: SEASON 3 EPISODE-3"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)