5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Tidur Nyenyak di Malam Hari

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 06 Jul 2021 19:45 WIB
sleeping couple in bad hugging each other Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan tidur nyenyak di malam hari. Foto: Getty Images/Tom Merton
Jakarta -

Tidur termasuk cara meningkatkan imunitas tubuh yang mudah dilakukan. Namun di masa pandemi COVID-19 yang semakin menggila di Indonesia ini, sebagian orang malah jadi susah tidur atau tidur terlalu malam alias dini hari.

Bagaimana kurang tidur bisa membuat daya tahan tubuh menurun? Penelitian Monika Haack, psikoneuroimunolog asal Harvard dan Sheldon Cohen dari Universitas Carnegie Mellon mengungkapkan bagaima pengaruh kurang tidur terhadap tubuh.

Sel T yang merupakan bagian dari sistem kekebalan, digambarkan sebagai tentara yang melawan infeksi. Selama tidur, sel T yang keluar dari darah kemungkinan besar masuk ke kelenjar getah bening dan mengawasi patogen yang menyerang.


Studi Monika Haack dan rekannya pada 2019 menyebutkan, satu malam kurang tidur akan menjaga sel T bersirkulasi di dalam darah. Saat begadang, sel T menjadi kurang responsif terhadap virus yang menyerang. Hal ini mengurangi kekuatannya melawan infeksi.

Bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh dengan tidur nyenyak? Berikut tipsnya dari Rita Aouad, MD, asisten profesor di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus:

1. Menempelkan atau Memasang Reminder untuk Jadwal Jam Tidur

Seperti dikutip dari Everyday Health, agar tidur nyenyak setiap hari kamu harus memiliki jadwal jam tidur. Ini berarti kamu harus bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari walaupun hari libur.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Zat Tertentu

Hindari zat yang mengandung kafein dan tembakau. "Beberapa orang berpikir bahwa alkohol dapat membantu untuk tidur nyenyak, tetapi itu benar-benar mengacaukan tidur," tambah dr. Aouad.

3. Membatasi Tidur Siang Hari

Jika memang ingin tidur di siang hari, batasi waktunya. Dokter Aouad menyarankan agar tidur siang tidak lebih dari 30 menit.

4. Mematikan Gadget Sedikitnya Satu Jam Sebelum Waktu Tidur

Cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel, komputer, tablet, dan televisi menahan produksi melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur, bangun atau ritme sirkadian. Oleh karena itu kamu jadi susah mengantuk di malam hari. Agar tidur nyenyak, hentikan penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Tempat Tidur Hanya untuk Tidur

Kegiatan yang merangsang otak, seperti menonton TV, membaca, atau makan, harus dilakukan di luar kamar tidur. Buatlah suasana tempat tidurmu tenang dengan meredupkan lampu dan mengatur suhu yang nyaman.

Itulah cara meningkatkan imunitas tubuh dengan tidur nyenyak di malam hari. Selamat mencoba.



Simak Video "Temuan Kepolisian soal Skandal yang Jerat Kris Wu"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)