Liputan Khusus Diet Genetik

Cerita Ayudia Bing Slamet Jalani Diet Gen, Sukses Turun 8 Kg

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 30 Mei 2021 18:10 WIB
ayudia Ayudia Bing Slamet jalani diet gen. Foto: Dok. Instagram @ayudiac.
Jakarta -

Ayudia Chaerani atau biasa dikenal dengan Ayudia Bing Slamet menjalani diet gen untuk menurunkan berat badan dan menjaga daya tahan tubuhnya.

Diet gen sendiri adalah suatu diet atau pengaturan pola makan yang didasarkan dari hasil pemeriksaan nutrigenomik seseorang. Nutrigenomik adalah salah satu terobosan ilmu yang mengaitkan faktor genetik dengan nutrisi yang dikonsumsi.

Ia tertarik mengikuti diet berdasarkan genetik karena sebelumnya tidak pernah check up atau memeriksakan kondisi tubuh. Pemeriksaan nutrigenomik pun dilakukannya untuk mengantisipasi potensi penyakit di dalam tubuh.

"Karena aku kepengen sehat terus, main bersama anakku dan langsung test untuk suami dan anakku. Menurut aku ini sangat penting dan semua orang harus mengetahui ini," tutur wanita berusia 30 tahun itu.

Dari pemeriksaan nutrigenomik inilah, Ayudia juga jadi tahu diet apa yang cocok untuknya. "Aku menjadi tahu diet yang cocok untuk aku apa? Dan yang paling penting, risiko penyakit yang bisa aku alami di umur misalnya 40-50 tahun. Aku bisa mengetahui makanan apa saja yang bisa aku hindari," ungkap penulis buku Teman Tapi Menikah itu melalui akun Instagram @nuntrigenme.

Foto Ayu dan suami sedang berolahraga.Foto Ayu dan suami sedang berolahraga. Foto: Dok. Instagram @ayudiac.

Ayu demikian Ayudia biasa disapa, mengatakan berdasarkan hasil test nutrigenomik, harus menghindari konsumsi gula. Hal itu karena berdasarkan hasil tes gen diketahui dirinya berpotensi terkena penyakit diabetes dan mengalami kebotakan dini.

"Aku itu baru sadar mama aku itu dari umur40-an rajin banget pakai hair tonic. Dan memang keturunan mamaku mengalami hal tersebut. Jadi hal-hal nggak hanya diet saja tapi juga hal yang bisa kita hindari sedini mungkin. Agar kita selalu happy di masa depan," jelasnya.

ayudiaPotret keluarga Ayudia Bing Slamet. Foto: Instagram @ayudiac.

Menurut Ayu meski tes DNA biayanya cukup mahal, namun tes tersebut hanya dilakukan sekali seumur hidup. Sebab DNA seseorang tidak pernah berubah dan tidak membutuhkan pemeriksaan berulang. Oleh karena itulah merasa tes DNA dan diet gen yang dijalaninya ini sangat bermanfaat.

"Jujur aku sudah merasakan perubahannya, karena berat badan aku sudah menurun sebanyak 8 kg dari aku tahu hasilnya. Dan pas dijabarin pola makannya dan apa saja yang harus dihindari itu mudah banget untuk aku turunin berat badan. Dan mudah juga mendapatkan massa otot, ini panduan yang bisa dipakai terus," ulas istri Muhammad Pradana Budiarto atau dikenal dengan nama Ditto itu.

ayudiaFoto Ayu dan Dia Sekala Bumi. Foto: Instagram @ayudiac.
(gaf/eny)