7 Tips Olahraga Saat Puasa, Waktu Terbaik Hingga Jenis Aktivitasnya

Tanaya Shella Julyana - wolipop Kamis, 22 Apr 2021 09:01 WIB
A woman wearing sports clothes raised a dumbbell exercise in the living room. She is training at home. woman in sportswear with Purple dumbbells in her hands. Tips olahraga saat puasa. Foto: istock
Jakarta -

Puasa bukan berarti menjadi halangan untuk berolahraga. Kamu bisa tetap melakukan olahraga saat tidak makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Berikut tips olahraga saat puasa.

Berpuasa bukan berarti kamu mengisi waktu dengan hanya bermalas-malasan. Hal itu justru yang dapat menjadi penyebab peningkatan berat badanmu. Cobalah untuk menyisihkan sebagian waktumu untuk berolahraga.

Kalau tidak bisa olahraga berat, kamu bisa melakukan yang ringan seperti berjalan kaki sambil menunggu waktu berbuka. Olahraga jalan kaki asal dilakukan rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan saat puasa.

Seperti apa tips olahraga saat puasa? Berikut saran dari para pakar olahraga:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih dalam jumlah cukup di waktu sahur dan berbuka. Menurut Sunny Salique, pelatih pribadi dan duta Bio-Synergy, minum air putih dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi di siang hari - terutama jika kamu berencana untuk berolahraga inten. "Saya biasanya minum empat gelas besar air saat sahur untuk memastikan saya terhidrasi sepanjang hari," ujarnya.

lulu elhasbuTips olahraga saat puasa. Foto: Instagram@luluelhasbu

2. Olahraga Meski Hanya 10 Menit per Hari

Tips olahraga saat puasa berikutnya adalah lakukan aktivitas fisik meski hanya dalam waktu singkat, setidaknya 10 menit. Jika kamu tidak memiliki tenaga untuk berolahraga selama 45 menit, pertimbangkan aktivitas ringan apa pun yang kamu bisa lakukan. "Lakukan peregangan, lakukan yoga, jalan-jalan - apa pun jenis gerakan yang ingin kamu lakukan, lakukan saja," kata pelatih olahraga di fitnessrebornuk1 Nazia Khatun seperti dikutip dari Independent.

Olahraga menurut Nazia dapat membantu memperbaiki kesehatan mental kamu, apalagi di masa pandemi Corona ini. Dan tahukah kamu kalau duduk atau tiduran sepanjang hari justri bisa membuat kamu merasa lebih lelah?

3. Waktu Olahraga yang Tepat Saat Puasa

Kapan waktu olahraga yang tepat? Menurut Sunny Salique waktu olahraga yang tepat saat puasa bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Yang terpenting adalah menemukan waktu olahraga terbaik untuk kamu. "Saya sendiri berlatih di malam hari, beberapa jam setelah saya berbuka puasa, karena itu berarti saya bisa minum air selama berolahraga dan tidak khawatir tentang dehidrasi," kata Salique.

Sementara itu Souad Gharib, pemilik layanan olahraga pribadi khusus wanita, mengatakan olahraga di pagi hari membantunya merasa berenergi sepanjang hari, terutama ketika rasa lapar dan kelelahan biasanya muncul. "Berolahraga sebelum berbuka puasa bermanfaat bagi saya, karena secara pribadi saya merasa memiliki lebih banyak energi jika melakukannya di pagi hari," ujarnya.

hijab instan untuk olahragaTips olahraga saat puasa. Foto: Dok. Instagram

4. Cobalah Latihan Kekuatan

Jika kamu penggemar olahraga HIIT, mungkin tergoda untuk mengikuti jadwal kardio seperti biasa. Tetapi para pakar menyarankan untuk beralih ke olahraga yang tidak terlalu intens - dengan repetisi lebih rendah dan lebih banyak waktu istirahat.

"Saya suka berolahraga selama Ramadan, dan saya biasanya memilih untuk melakukan latihan kekuatan," kata Gharib. "Dengan cara itu saya tetap dapat melanjutkan olahraga seperti biasanya tetapi saya tidak berolahraga dengan cara yang membuat saya banyak berkeringat dan merasa haus," tambahnya.

5. Makan Sahur yang Mengenyangkan

"Makan sahur yang baik, yang mengandung karbohidrat kompleks," saran Salique terkait tips olahraga saat puasa. "Bagi saya makan sahur adalah yang banyak gandum dan kacang-kacangan dengan kurma dan pisang, karena ini akan membuat energi kamu keluar lebih lambat sepanjang hari dan membuat kamu kenyang lebih lama," tambahnya.

6. Luangkan Waktu untuk Pemulihan

Setiap program olahraga membutuhkan istirahat yang cukup juga di dalamnya. Tapi ketika kamu bangun dini hari untuk ibadah dan sahur mungkin sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan. "Tidur siang sangat penting untuk pemulihan. Saya biasanya kembali tidur setelah salat subuh, tidur sebentar, lalu berolahraga jam 9 pagi, "kata Gharib. Sementara Salique mengatakan dia tidur siang saat sore sampai waktunya berbuka, untuk menyegarkan diri.

7. Konsumsi Makanan yang Disukai

"Ramadhan bukanlah waktu untuk diet," tegas Khatun. "Jika kamu makan dalam jumlah yang cukup dan tetap memperhatikan porsi makan dengan tidak berlebih, itu akan membuatmu merasa lebih baik saat menjalani puasa Ramadhan dan meningkatkan energi kamu," ujarnya.

Itulah tips olahraga saat puasa yang bisa kamu lakukan Ramadhan 2021 ini. Intinya jangan lupakan olahraga atau aktivitas fisik meski sedang berpuasa.

(eny/eny)