Wanita Ini Alami Kondisi Langka Seperti Film '50 First Dates' di Dunia Nyata

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 17 Mar 2021 13:08 WIB
Megan Jackson Foto: Instagram @megjacks_
Jakarta -

Seorang wanita bernama Megan Jackson punya kondisi langka yang membuatnya sering lupa. Ia sampai punya sebuah diari untuk mencatat dan mengingat hal-hal mengenai pacarnya dan hubungan mereka. Diceritakan melalui sejumlah video yang viral di TikTok, banyak orang menyamakan kisahnya dengan film '50 First Dates'.

Megan Jackson mengalami functional neurological disorder (FND) selama lima tahun belakangan. Kondisi tersebut membuatnya sering kejang-kejang kemudian kehilangan memori jika terlalu emosional atau terkejut. Wanita asal Inggris tersebut mengalami gejala-gejalanya hampir setiap hari yang membuatnya kesulitan menjalani keseharian.

"Itu sangat membuat depresi. Aku kejang-kejang hampir setiap hari. Aku hanya perlu tertawa lalu aku mengalaminya. Itu mempengaruhi setiap bagian dari hidupku. Aku bisa tahan dengan kejangnya karena aku tidak tahu apa yang terjadi ketika itu terjadi tapi aku kehilangan ingatan juga," ungkapnya.

@meg.jacks

Hal tersebut membuatnya sering lupa akan pacar, keluarga hingga mengubah seleranya dalam hitungan hari. Namun yang menurutnya paling parah adalah perasaan kebas di kaki setelah kejang-kejang sehingga Megan sulit untuk bergerak. "Sangat menyedihkan di usia 21, aku harus membuat diriku menyedihkan, tapi jangan terlalu menyedihkan, kalau tidak aku akan kejang-kejang," lanjut Megan.

Tak hanya masalah kesehatan, kondisi langka itu juga mempengaruhi hubungannya dengan sang kekasih, Tara. Mengetahui kondisi tersebut, Tara tidak bisa memberikannya sesuatu yang mengejutkan. Selain itu, Tara pun berusaha membantu Megan dengan menuliskan diari di handphone agar bisa tetap ingat dan mencoba memanggil memori dengan lagu-lagu favorit mereka. "Seperti 50 First Dates. Semua orang mengatakan itu,"

Terkadang Megan bahkan lupa jika ia menyukai pacarnya. "Bahkan saat dia menunjukkanku foto-foto, itu tidak terasa berarti karena tidak ada perasaan sama sekali pada orang itu. Itu sangat menyedihkan. Aku khawatir dengan momen-momen besar, seperti dilamar. Kami bicara mengenai pernikahan suatu hari. Jika dia melamarku, kamu harus merekamnya karena aku akan lupa," katanya.

[Gambas:Instagram]



Yang juga menyedihkan adalah Megan tidak bisa bekerja karena kondisinya. Ia terpaksa mengundurkan diri dari banyak pekerjaan karena mengalami kejang-kejang dan kehilangan memori. Meski begitu, berkat aktif di TikTok Megan bisa mengumpulkan donasi untuk orang-orang yang punya keterbatasan tidak terlihat sepertinya.

"Alasan aku buat aku TikTok adalah karena generasi ini sangat dipengaruhi oleh media sosial. Ketika kamu melihat Instagram-ku, kamu melihat gadis 21 tahun biasa yang pergi, bertemu teman, liburan, kenyataannya aku sangat terbatas dan tidak bisa melakukan banyak hal. Aku tidak bisa menyetir, tidak bisa pergi sendirian, tidak bisa mandi tanpa dijaga. Aku ingin lebih banyak orang tahu mengenai keterbatasan tidak terlihat, aku ingin menyuarakan orang lain untuk melihat apa yang aku alami. Itu membuatku punya harapan," tutur Megan.

@meg.jacks

(ami/ami)