Liputan Khusus Tren Glow Up

Viral Glow Up Challenge, Ini Dampak Positif dan Negatifnya Buat yang Ikutan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 08 Feb 2021 12:05 WIB
Skin Care. Asian Model Portrait. Young Woman With Closed Eyes Touches Face Against Beige Background. Female Enjoying With Healthy Glowing Skin After Daily Beauty Routine And Cosmetology Treatment. Foto: Getty Images/iStockphoto/puhhha
Jakarta -

Wanita cenderung ingin memiliki wajah yang bersinar alias glowing. Segala cara pun ditempuh agar berhasil glow up. Mulai dari diet ketat, menjaga pola makan dan melakukan berbagai perawatan.

Banyaknya wanita yang kini mencoba glow up ini yang membuat glow up challenge viral di media sosial. Tantangan ini diikuti banyak pengguna media sosial dengan menyertakan hashtag #glowupchallenge.

Mengapa seseorang ingin glow up? Mereka yang melakukan perubahan menjadi lebih baik ini memberikan alasan beragam. Ada yang sebelumnya pernah mengalami bully dan mendapatkan komentar negatif tentang penampilannya, lalu memilih glow up, sebagai pembuktian diri.

Lalu adakah dampak positif dan negatifnya bagi wanita yang bersikeras untuk glow up? Menurut psikolog Meity Arianty STP., M. Psi, glow up lebih banyak memiliki dampak positif bagi seseorang.

"Glow up sebenarnya lebih banyak dampak positif asal dilakukan secara sehat. Artinya tidak memaksakan sesuatu yang di luar kemampuannya misal karena ketakutan gemuk sehingga melakukan olahraga gila-gilaan. Sehingga malah sakit atau diet ketat dan akhirnya mengalami gangguan makan misal bulimia atau anoreksia," kata Mei saat diwawancara Wolipop belum lama ini.

Sedangkan dampak negatif dari wanita yang berambisi glow up, Mei menuturkan ketika seorang wanita memaksakan diri untuk membeli kosmetik atau skincare yang harganya selangit.

"Karena terlalu ingin cantik, namun nggak bisa beli kosmetik yang mahal, malah memaksakan dirinya sehingga mengorbankan kebutuhan lain demi membeli kosmetik. Jadi nggak sehat pemikirannya," ujarnya.

Bagi kamu yang sudah mencoba glow up, akan tetapi belum berhasil, Mei memberikan pesannya untuk kamu. "Hargai dirimu dengan mencintai dirimu sendiri, karena hanya kamu yang dapat melakukannya. Lakukan segala sesuatu yang terbaik buat dirimu misal cantik, seksi, glow up dan sehat. Bukan karena orang lain atau mengharapkan pengakuan orang lain namun lakukan karena kamu menginginkannya dan kamu melakukannya buat dirimu sendiri," pungkasnya.

(gaf/eny)