Liputan Khusus Tren Glow Up

Kisah Glow Up Viral, Wanita dengan Berat 117 Kg Berhasil Turun Jadi 70 Kg

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 07 Feb 2021 07:00 WIB
Vindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badan Foto: Dok. pribadi Vindhy
Jakarta -

Mempunyai berat badan yang ideal menjadi impian bagi sebagian orang. Akan tetapi ketika ingin mewujudkannya tak semudah membayangkannya, butuh konsistensi dan tekad yang tinggi.

Seperti kisah Vindhy Dian Indah Pratika, lewat akun TikToknya @vindkipin.id. Ia membagikan perjuangannya menjadi glow up dengan menurunkan berat badannya, dari 117kg hingga 70kg.

Vindhy mengungkapkan perjuangannya menurunkan berat badan setelah disebut warganet langsing karena minum obat diet. Dia menegaskan dirinya turun berat badan karena rutin olahraga dan menjaga pola makannya sehari-hari.

"Perjuangan 117kg - 70kg. Ini aku yang dulu. Ini obatnya ya kak. Jatuh-bangun-jatuh lagi, bangun lagi. Gak ada yang gak mungkin. Asal percaya dan tetap yakin. Kalau capek ya berhenti dulu. Mulai pelan-pelan ngatur makan. ENjoy dan jangan stress. Olahraga 3-5 kali seminggu. Makan apa aja, kurangi makanan yang cepat saji. Jatuh dan bangun nangis juga kok. Harus sadar dan cepat bangkit ya. Terus berjuang meski berat btw 117kg. Alhamdulillah hasilnya 70kg. Semangaat!!!" tulis Vindhy di akun TikTok miliknya @vindkipin.id.

Vindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badanVindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badan Foto: TikTok @vindkipin.id.

Dalam video yang diunggahnya terlihat Vindhy berusaha keras untuk dapat mencapai berat badan yang ideal. Berolahraga di sekitar rumah, lengkap dengan matras dan baju olahraga yang nyaman. Hingga kesabarannya pun membuahkan hasil. Ia berhasil dari sebelumnya berat badannya mencapai 117kg hingga menjadi 70kg.

Sontak video TikToknya langsung viral dan masuk FYP (For Your Page). Hingga kini video itu sudah ditonton lebih dari 2,8 juta kali, mendapat 253 ribu Likes dan 2.761 komentar. Warganet ada yang termotivasi dan kagum dengan perjuangannya.

"Semua bisa jalanin diet, cuma yg jaramg dimilikin orang itu konsisten buat jalaninnya🥺," ujar akun @Rosita.

"Pelan gpp asal jangan berhenti" motivasi bnget tapi jiwa rebahanku susah dilawan," kagum akun TikTok @Biasa dipanggil Mell🥀.

"Senang banget liatnya🥺🥺🥺 terima kasih sudah menginspirasi," saut akun @Enola.

"Kerennn banget sii gw yg pengen turun 5kg susah banget kontrol makan," ucap akun @gabutaja.

Vindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badanVindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badan Foto: TikTok @vindkipin.id.

Cerita Vindhy Berhasil Turunkan Berat dari 117 Kg Jadi 70 Kg

Wolipop menghubungi Vindhy Dian Indah Pratika, yang kini sudah memiliki pengikut di Instagram lebih dari 26 ribu karena kesuksesannya menurunkan berat badan. Ia pun tidak menyangka jika videonya bisa viral di TikTok.

"Nggak nyangka sih sebenarnya ini video-video dokumentasi aja. Terus pas di up, justru banyak banget yang support. Kaget juga dan seneng," kata Vindhy kepada Wolipop.

Wanita berhijab ini menceritakan awal mula ia menurunkan berat badan karena dokter mengatakan jika dirinya sudah obesitas. Dokter pun menyarankan untuk diet karena haidnya pun ikut berpengaruh akibat berat badannya yang berlebih tersebut.

Vindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badanVindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badan Foto: TikTok @vindkipin.id.

"Awal-awal saya diet itu 2012. Jadi itu berat terbesar saya 117kg, Kemudian karena saya sudah tidak mestruasi selama enam tahun. Akhirnya dokter menyarankan untuk diet karena saat itu obesitas sekali. Nah, dari situ saya mulai ngatur olahraga dan makan. Tapi sayangnya diet ekstrem sampai turun di berat badan 88 kg. Karena saya sedang tugas akhir dan stres makanya naik jadi 103 kg lagi," ungkap wanita yang tinggal di Tulung Agung, Jawa Timur itu.

Vindhy menjelaskan dia kemudian termotivasi lagi untuk menurunkan berat badan pada 2016 - 2017. Dia mengatur makanan dan berolahraga.

"2015 mulai turun 88 kg karena mulai diet dengan benar, mulai mencoba mengatur makan dan olahraga dengan baik juga dan akhirnya sampai saat ini sudah 70kg. Jadi sebenrnya sama up and downnya total turun 65 kg," kenangnya yang sudah berjuang.

Vindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badanVindhy Dian Indah Pratika yang berhasil menurunkan berat badan Foto: TikTok @vindkipin.id.

Pola Makan Vindhy Berhasil Turunkan Berat 117 Kg

Wanita yang profesinya awalnya sebagai pengajar ini, cuti sementara karena pandemi. Ia sedang fokus menjadi konten kreator melalui TikTok dan YouTube. Vindy yang kini populer sebagai konten kreator itu pun membagikan rahasianya menurunkan berat badan.

"Kalau pola makan sekarang saya makan lima kali, pagi makan oat atau buah atau roti gitu. Nanti jam 10.00 WIB nyemil buah. Jam 12.00 WIB makan nasi. Jadi di sini saya makan biasa tapi porsi nasi dikirangin dan diganti sayur lebih banyak. Jam 15.00 WIB nyemil buah lagi, baru deh ditutup makan malam yang sama dengan makan siang," tuturnya menjelaskan pola makannya.

Selain menjaga pola makan, Vindhy juga berolahraga. Dia berolahraga bisa pagi, sore atau malam.

"Kadang pagi jam 06.00 - 08.00 WIB, sore jam 15.00 - 17.00 WIB. Atau malam jam 19.00 - 20.00 WIB. Jadi tergantung aktivitas sesempatnya tapi pasti di sempetin," ujarnya.

Wanita 27 tahun itu menuturkan usahanya menurunkan berat badan pernah mendapatkan nyinyiran dari lingkungan sekitarnya. Dia juga sempat kesulitan saat memulai untuk diet.

"Kalau kesulitan banyak dari ujian pola makan. Masih pengen banget lihat donat, liat pizza, tapi ketika aku sudah komitmen sama diriku aku bener-bener berusaha buat mencoba berdamai buat kurangi itu semua. Bukan berarti aku nggak makan ya, tapi mengurangi. Dari lingkungan dibully juga pasti tapi alhamdulillah dari orangtua dukung banget sih jadi nggak ada masalah," tambahnya.

(gaf/eny)