10 Manfaat Salmon, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

Chairini Putong - wolipop Sabtu, 16 Jan 2021 10:00 WIB
Manfaat Ikan Salmon. Foto: iStock Manfaat Ikan Salmon. Foto: iStock
Jakarta -

Biasanya, tubuh akan memberikan sinyal saat kesehatan mulai terganggu. Sejumlah gejala seperti sakit kepala, rambut rontok, hingga naiknya berat badan dapat menjadi penanda. Namun kamu tak perlu khawatir, ikan salmon dapat menjadi 'penawar' agar tubuh tetap fit.

Ikan laut ini merupakan salah satu makanan tersehat di dunia. Bahkan The American Heart Association merekomendasikan konsumsi salmon setidaknya dua porsi per minggu.

Salmon juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan vitamin yang dapat mengurangi risiko beberapa penyakit.

Berikut 10 manfaat salmon yang dapat meningkatkan kesehatan:

1. Manfaat Salmon untuk Jantung

Seperti dikutip dari stylexcraze, mungkin ini saatnya kamu mulai rajin mengonsumsi salmon. Sebab, salah satu manfaat salmon berasal dari kandungan asam lemak omega-3 nya. Menurut ahli, kandungan ini dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan struk.

2. Salmon Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein pada salmon dapat membantu kamu merasa lebih kenyang karena sulit dicerna tubuh. Tak hanya itu, asam lemak omega-3 nya juga akan meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan. Karena itu, salmon bisa jadi 'senjata' rahasia miliki tubuh yang langsing dan kencang.

Salmon- SabaIkan salmon yang kaya manfaat. Foto: Getty Images/ansonmiao

3. Salmon Bermanfaat Cegah Rambut Rontok

Salmon dapat menjadi solusi untuk kamu yang punya masalah rambut rontok. Seperti diketahui, ikan laut ini kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin B-12, dan zat besi. Manfaat ikan salmon ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala serta mencegah rambut rontok dan terlihat kusam.

4. Manfaat Salmon untuk Kulit

Seiring bertambahnya usia, tak heran bila garis-garis halus dan bintik hitam mulai muncul. Dengan mengonsumsi salmon, kandungannya akan membantu sel memproduksi kolagen yang baik untuk kulit. Antioksidan pada salmon juga dapat memerangi jerawat dan meningkatkan elastisitas kulit.

5. Salmon Bisa Mencegah Kanker

Kanker dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 pada tubuh. Hal ini menyebabkan penumpukan racun dan peradangan. Berbagai penelitian membuktikan, salmon dapat digunakan untuk mengobati kanker dan mencegah perkembangan kanker payudara.

6. Manfaat Salmon untuk Mengurangi Peradangan

Peradangan dapat membahayakan tubuh. Sebab dapat mengakibatkan nyeri sendi, respons autoimun, hingga stroke. Namun jangan khawatir, kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam salmon dapat membantu mencegah psoriasis, artritis, dan obesitas yang dipicu peradangan.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui bagimana manfaat ikan salmon untuk otak dan memperbaiki mood.

Selanjutnya
Halaman
1 2