7 Arti Mimpi Buruk Paling Umum, dari Gigi Copot Sampai Telanjang

Hestianingsih - wolipop Kamis, 08 Okt 2020 19:30 WIB
ilustrasi tidur Foto: iStock
Jakarta -

Arti mimpi saat tidur bisa bermacam-macam. Ada mimpi indah, mimpi aneh sampai mimpi buruk.

Banyak orang berpendapat bahwa mimpi hanyalah bunga tidur. Ada pula yang menganggap mimpi sebagai sebuah pertanda.

Jika ditilik secara ilmiah, mimpi merupakan cerminan atau gambaran dari alam bawah sadar manusia. Para psikolog pun menganalisa arti mimpi buruk yang paling banyak dialami orang saat tidur.

Ini dia tujuh arti mimpi buruk paling umum yang menggambarkan rasa kehilangan, kekecewaan hingga kesedihan.

1. Arti Mimpi Gigi Copot

Ilustrasi seorang wanita yang sedang sakit gigi dan gusiIlustrasi mimpi tentang gigi copot. Foto: Thinkstock

Gigi copot merupakan mimpi yang paling umum dialami banyak orang. Menurut psikolog Lee Chambers, arti mimpi gigi copot bisa menandakan kamu sedang stres. Mimpi ini muncul sebagai sinyal tubuh agar kamu lebih memerhatikan kesehatan mental.

"Kalau kamu sedang bersedih, stres berat atau khawatir dengan perubahan besar dalam hidup sehingga mengabaikan kesehatan sendiri, mimpi ini bisa jadi sering dialami," jelasnya seperti dikutip dari Daily Mail.

2. Arti Mimpi Ditembak

ilustrasi penembakanIlustrasi penembakan. Foto: istimewa

Mimpi ditembak juga jadi salah satu mimpi buruk yang paling umum dialami pada malam hari. Secara statistik, setiap bulannya ada 390 pencarian tentang mimpi ditembak di internet. Lantas apa artinya?

"Kalau mimpi ditembak di dalam rumah, bisa mengindikasikan kamu merasa tidak aman dalam lingkungan di mana kamu berada. Sedangkan mimpi ditembak dari belakang mungkin jadi tanda adanya pengkhianatan, dan ditempat seseorang yang dikenal mengandung arti ada permasalahan mendasar di antara kalian berdua," urai Lee.

3. Arti Mimpi Melihat Hantu

Ilustrasi HantuIlustrasi Hantu. Foto: iStock

Hantu sering kali dilihat sebagai sesuatu yang menyeramkan. Jika kamu mimpi melihat hantu kemungkinan karena adanya ketakutan akan sesuatu yang baru kamu mulai.

"Kamu sedang mencoba memulai sesuatu yang besar dalam hidup dan kamu merasa ada tekanan. Bisa juga mengindikasikan kamu takut mati, atau perasaan bersalah terhadap seseorang," tutur Lee.

4. Arti Mimpi Dikejar-kejar

ilustrasi lari lumpurIlustrasi berlari. Foto: thinkstock

Kunci dari memahami arti mimpi ini adalah dengan fokus mengingat siapa atau apa yang mengejar kamu. Sebab mimpi dikejar-kejar secara garis besar berarti kamu sedang frustasi dengan kondisi saat ini atau menghadapi tantangan untuk mencapai sebuah target.

Sejumlah pakar kesehatan mental meyakini jika sosok yang mengejar di dalam mimpi adalah hewan, maka itu adalah sebuah insting tentang apa yang membuat kamu merasa stres. Sementara jika dikejar monster, berarti kamu sedang menghadapi tantangan yang sulit ditaklukkan.

5. Arti Mimpi Terjebak di Kebakaran

Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom. Foto: Thinkstock

Api merupakan simbol gairah, cahaya, kehancutan dan kemarahan. Jika kamu mimpi terjebak dalam kebakaran dan panik, bisa jadi merupakan sinyal bahwa kamu memang orang yang tegas dan keras kepala.

Tapi bila kamu bermimpi terbakar, mengimplikasikan kamu sedang marah besar akan sesuatu tapi hanya dipendam, sehingga ingin menyeruak keluar. Arti mimpi kebakaran juga bisa berarti sebuah peringatan tentang aktivitas berisiko atau berbahaya yang akan kamu lakukan.

6. Arti Mimpi Tenggelam

ilustrasi tenggelamIlustrasi tenggelam. Foto: Thinkstock

Mimpi tenggelam mengindikasikan kamu sedang berada pada situasi di mana kamu merasa kehilangan jati diri dan kontrol diri sendiri. Hal ini mungkin disebabkan situasi di tempat kerja atau masalah asmara yang membuatmu tertekan dan merasa tidak dapat mengatasinya.

7. Arti Mimpi Telanjang di Tempat Umum

"Mimpi telanjang di tempat umum memang tidak menyenangkan, dan seringnya mengandung arti kamu belum siapkan sesuatu yang akan terjadi di kehidupan, dan persiapannya sangat sedikit sehingga membuatmu merasa telanjang," kata Lee.

Bisa juga berarti karena kamu terlalu khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Tapi bagaimana kamu bereaksi di dalam mimpi itulah kuncinya.

"Apakah kamu malu atau merasa terhina? Atau justru merasa bebas karena mendobrak aturan dan bisa mengekspresikan diri? Itu bisa berarti kamu sedang menyembunyikan sesuatu, atau tidak percaya diri meraih ambisi," pungkasnya.

Itulah tujuh arti mimpi buruk yang paling umum. Bukan karena ada firasat atau sekadar bunga tidur. Melainkan penggambaran tentang masalah yang sedang kamu hadapi.



Simak Video "Yuk Intip Proses Pembuatan Sepatu Rajut Lokal!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)