Manfaat Vitamin B Kompleks dan Fungsinya untuk Kesehatan

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 15 Sep 2020 11:30 WIB
Portrait of a happy pregnant woman taking a pill sitting on a couch in the living room at home Ilustrasi manfaat vitamin B kompleks. Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Dalam kesehariannya manusia membutuhkan vitamin untuk meningkatkan kesehatan. Salah satu vitamin yang dibutuhkan itu adalah vitamin B kompleks. Apalagi pada masa pandemi Corona ini, vitamin B kompleks semakin populer karena dianggap bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Apa sebenarnya manfaat vitamin B kompleks?

Dilansir dari medicalnewstoday seorang dokter akan merekomendasikan vitamin B kompleks pada pasiennya tergantung pada kebutuhan kesehatan orang tersebut. Dalam kebanyakan kasus, vitamin B tidak berinteraksi secara negatif dengan obat lain. Namun, obat-obatan tertentu bisa membuat kekurangan vitamin B lebih mungkin terjadi.

Apa itu vitamin B kompleksi? Dilansir dari healthline, vitamin B kompleks terdiri dari delapan jenis vitamin B yaitu:
- B-1 (thiamine)
- B-2 (riboflavin)
- B-3 (niacin)
- B-5 (pantothenic acid)
- B-6 (pyridoxine)
- B-7 (biotin)
- B-9 (folic acid)
- B-12 (cobalamin).


Vitamin B kompleks ini dalam keseharian bisa didapatkan dari makanan atau suplemen. Makanan yang mengandung vitamin B kompleks di antaranya: ayam, salmon, kentang, daging merah, telur, sayuran berdaun hijau, alpukat, buncis, dan lain-lain.

Vitamin B kompleks dalam bentuk suplemen umumnya aman dikonsumsi asalkan meminumnya sesuai petunjuk. Namun, untuk konsumsi vitamin B dosis tinggi harus di bawah bimbingan dokter.

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Vitamin B termasuk vitamin B kompleksi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan. Vitamin B berdampak langsung pada tingkat energi, fungsi otak, dan metabolisme sel manusia.

Vitamin B kompleks membantu mencegah infeksi dan membantu mendukung atau mempromosikan: kesehatan sel, pertumbuhan sel darah merah, tingkat energi, penglihatan yang bagus, fungsi otak yang sehat, pencernaan yang baik, nafsu makan yang sehat, fungsi saraf yang tepat, hormon dan produksi kolesterol, kesehatan jantung, dan bentuk otot.

Balanced diet nutrition keto concept. Assortment of healthy ketogenic low carb food ingredients for cooking on a kitchen table. Green vegetables, meat, salmon, cheese, eggs. Top view backgroundMakanan yang kaya manfaat vitamin B kompleks. Foto: iStock

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Wanita

Vitamin B kompleks sangat penting bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui. Vitamin-vitamin ini membantu perkembangan otak janin serta mengurangi risiko cacat lahir. Dan bagi ibu hamil, vitamin B dapat meningkatkan energi, meredakan mual, dan menurunkan risiko preeklamsia.

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Pria

Sedangkan untuk pria,Vitamin B kompleks dapat meningkatkan kadar testosteron yang secara alami menurun seiring bertambahnya usia. Vitamin ini juga dapat membantu pria meningkatkan kekuatan otot. Namun, riset yang mengklaim manfaat vitamin B kompleks pada pria ini masih kurang. Jadi masih perlu diteliti lebih lanjut.

Risiko Kekurangan Vitamin B Kompleks

Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan kamu merasakan beberapa gejala, yaitu:

- anemia

- sulit buang air besar

- masalah kulit

- infeksi

- Neuropati perifer adalah gangguan yang terjadi akibat kerusakan pada sistem saraf perifer atau sistem saraf tepi.

Itulah manfaat vitamin B kompleks, fungsi dan risikonya jika kekurangan vitamin tersebut.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)