Berapa Lama Hand Sanitizer Mampu Bertahan Bunuh Virus Corona?

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 07 Agu 2020 19:30 WIB
alcoholic 70 percent in clear Plastic bottle Spray, and Hand Sanitizer gel on white table washing clean dirty to prevent germs protect colona virus, covid 19 Hand sanitizer. Foto: Getty Images/iStockphoto/art Photo
Jakarta -

Di tengah pandemi Covid-19 ini membersihkan tangan jadi hal yang wajib dilakukan dalam setiap harinya atau bahkan setiap beberapa jam atau menit sekali. Selain dengan mencuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer terkadang menjadi solusi alernatif.

Hal ini terbukti dari data yang dirilis Healthpoint, Ltd. Berdasarkan riset mereka dari 1.000 responden, 68% responden mengatakan menggunakan hand sanitizer dan 52% mengaku selalu membawanya di dalam tas ataupun di dompet saat mereka bekerja.

Tapi tahukah kamu kalau hand sanitizer hanya bekerja selama dua menit dari kuman dan bakteri, termasuk virus Corona? Banyak yang beranggapan bahwa hand sanitizer bisa bertahan lama dalam membunuh kuman. Namun faktanya berdasarkan riset pembersih tangan tidak menawarkan perlindungan jangka panjang.

Direktur Mikrobiologi Klinis dan Imunologi dari NYU Langone Medical Center, Dr. Philip Tierno Jr., PhD mengatakan bahwa hand sanitizer berbahan alkohol hanya bertahan sekitar satu atau dua menit dari kuman atau bakteri. Sehingga apabila lewat dari waktu tersebut perlu dipakai kembali jika terjadi kontaminasi.

Meski demikian, menurut pakar penyakit dalam di Lenox Hill Hospital, Dr. Len Horovitz, memakai hand sanitizer masih lebih baik dibandingkan tidak membersihkan tangan sama sekali setelah berjabat tangan atau memegang benda sembarangan yang ada di sekita. Namun demikian akan lebih baik jika mencuci tangan dengan air dan sabun apabila fasilitas memadai.

Selain mencuci tangan dengan sabun dan air, hal lain yang mampu menghindari kamu dari kuman adalah dengan tidak menyentuh wajah saat tangan dalam keadaan kotor.

Dalam hal membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan untuk menggunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60 % alkohol. Menurut catatan CDC pembersih tangan berbasis alkohol bisa bekerja lebih cepat secara signifikan untuk mengurangi jumlah kuman di kulit. Namun itu tidak akan membunuh semua kuman yang ada.

Jadi tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan air dan sabun secara teratur ya. Agar selalu sehat juga mencegah penularan virus Covid-19.



Simak Video "Sejumlah Pernikahan Tetap Berjalan di Tengah Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)