Macam-macam Gaya Orang Bersin yang Ungkap Kepribadian

Hestianingsih - wolipop Rabu, 29 Jul 2020 21:30 WIB
Shot of a sick businessman sneezing in front of a businesswoman in the office Ilustrasi orang bersin. Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Bersin di tempat umum harus ada etikanya. Terlebih lagi di masa pandemi virus Corona yang membuat orang-orang harus mawas diri dengan menutup mulut saat bersin agar droplet tidak menyebar dan menularkan virus ke sekitar.

Ya, saat bersin kita memang harus menutup mulut baik itu menggunakan tisu atau lipatan siku. Tapi terlepas dari itu ternyata ada macam-macam gaya bersin paling umum yang ternyata bisa mengungkap kepribadian seseorang.

Kleenex, perusahaan produsen tisu, dan The Social Issues Research Centre mengadakan penelitian tentang cara orang bersin dan menemukan ada lima gaya yang paling umum. Penelitian dilakukan dengan dua metode yakni observasi terhadap 8 wanita dan 10 pria, serta lewat polling yang melibatkan 2.000 responden.

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan lima macam gaya orang bersin yang bisa mengungkapkan kepribadian seseorang. Kamu termasuk tipe yang mana? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Tipe 'Let It Go'

Saat bersin, tipe ini akan langsung mengeluarkannya, baik itu di tempat umum atau privat. Sebab menurut mereka bisa bersin dengan bebas adalah sebuah kenikmatan.

Tipe bersin 'Let It Go' seperti ini biasanya bicara blak-blakan dan asertif. Artinya mereka mampu membicarakan apa yang diinginkan, dirasakan atau dipikirkan kepada orang lain dengan cara sopan dan tak menyakiti hati. Tipe ini juga cenderung percaya diri dan nyaman berada di lingkungan sosial yang baru.

2. Tipe 'Malu-malu'

Tipe ini merasa tidak nyaman bersin di tempat umum, bahkan ketika mereka hanya bersama teman-teman, atau orang yang dikenalnya. Saat bersin mereka biasanya akan menutup hidup dan berusaha menekan suara bersin jadi sekecil mungkin atau bahkan tidak terdengar sama sekali.

Orang dengan cara bersin seperti ini biasanya pemalu dan cenderung introvert. Tapi di sisi lain mereka punya sopan santun serta tahu cara menempatkan diri di segala situasi. Sisi lainnya, tipe ini umumnya lebih peka terhadap penilaian orang terhadap mereka.

3. Tipe 'Serial Sniffer'

Alih-alih melepaskan bersin, tipe ini lebih memilih menahannya, dengan cara mengendus berkali-kali. Sebenarnya tujuannya baik, mereka berusaha menahan agar bersin tidak keluar secara tidak sengaja, terlebih lagi saat ada di ruang rapat atau tempat umum.

Tapi terkadang beberapa orang menganggap kebiasaan ini cukup mengganggu dan membuat tak nyaman. Gaya bersin seperti ini biasanya menggambarkan kepribadian seseorang yang introvert dan merasa tidak nyaman di lingkungan sosial.

4. Tipe 'Bersin Berkali-kali'

Orang yang suka bersin berulang atau berkali-kali termasuk dalam tipe ini. Terkadang mereka juga sengaja menambah frekuensi bersin padahal sudah selesai. Banyak orang menilai kebiasaan ini tidak sopan dan sering diasosiasikan dengan perilaku jorok.

5. Tipe 'Paranoid'

Setelah bersin, tipe ini akan segera cuci tangan atau pakai hand sanitizer. Dia juga biasanya akan membersihkan meja atau barang-barang yang berada di dekatnya.

Tipe ini termasuk orang yang sangat peduli dengan penampilan dan bisa merasa insecure terhadap penilaian orang lain padanya. Tapi ada sisi positifnya. Mereka berarti orang-orang yang peduli dengan kebersihan serta lingkungan di sekitarnya.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)