Wajib Tahu! Ini Alasan Pentingnya Cukup Minum Air untuk Diabetesi

Reyhan Diandri - wolipop Kamis, 16 Jul 2020 14:35 WIB
minum air Foto: shutterstock
Jakarta -

Meminum cukup air penting dilakukan oleh semua orang, termasuk juga bagi para penderita diabetes (diabetesi). Bagi diabetesi, kurangnya konsumsi air bisa mengakibatkan naiknya kadar gula darah. Kenaikan kadar gula darah ini kemudian dapat menyebabkan peningkatan frekuensi buang air kecil, sehingga diabetesi dapat mengalami dehidrasi. Itulah alasan mengapa penderita diabetes lebih rentan dehidrasi atau kehilangan terlalu banyak air dalam tubuh.

Terkait dengan konsumsi air, mungkin banyak orang yang pernah mendengar bahwa banyak minum air bisa mengurangi gula darah. Namun dilansir dari studi Diabetes Myths oleh National Diabetes Education Program: National Institute of Health, hal tersebut nyatanya tidak benar dan hanyalah mitos belaka.

Meskipun minum cukup air penting bagi diabetesi namun bukan berarti minum air secara berlebihan perlu dilakukan, karena air tidak dapat menghilangkan kadar gula yang ada di dalam darah. Sebenarnya yang perlu dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah dikutip dari laman cdc.gov adalah menjaga pola makan sehat, menjaga berat badan dalam batas normal, rutin beraktivitas fisik, memeriksakan kondisi ke dokter sesuai jadwal, serta rutin memeriksa kadar gula darah.

Selain itu, diabetesi bisa melakukan beberapa hal untuk mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik. Berikut anjuran yang dapat dilakukan diabetesi dilansir dari cdc.gov.

1. Ganti gula dengan pemanis rendah kalori. Salah satu pemanis rendah kalori terbaik adalah Tropicana Slim Sweetener Honey. Dengan Tropicana Slim Sweetener Honey, diabetesi dapat menikmati minuman favorit bebas dari rasa khawatir.
2. Makan teratur sesuai jadwal, dan jangan melewatkan waktu makan.
3. Gantikan cemilan manis dengan snack bebas gula dan rendah kalori.
4. Batasi porsi makan. Untuk mempermudah pola makan sehat: isi ½ bagian piring dengan sayuran, ¼ bagian piring dengan sumber protein rendah lemak, dan ¼ bagian piring dengan sumber karbohidrat kompleks, seperti beras merah.
5. Pilih jenis makanan yang bebas gula dan rendah kalori, lemak, serta garam.

Selain meminum air dengan cukup, diabetesi dapat mengikuti anjuran tambahan tersebut agar dapat menjaga pola hidup sehat sehingga kadar gula darah dapat dikontrol.






Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)