9 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Konsumsi Makanan yang Tepat

Hestianingsih - wolipop Rabu, 24 Jun 2020 19:30 WIB
Stinky. Closeup portrait headshot woman pinches nose with fingers hands looks with disgust something stinks bad smell situation isolated on gray wall background. Face expression body language reaction Ilustrasi cara mengatasi bau badan. Foto: iStock
Jakarta -

Cara menghilangkan bau badan bisa dengan menggunakan deodoran atau antiperspirant yang biasa ditemui di toko kecantikan juga drugstore. Namun penggunaan produk-produk tersebut hasilnya hanya sementara dan harus berulang.

Menghilangkan bau badan juga perlu dilakukan dari dalam. Asupan makanan bisa berpengaruh pada aroma tubuh. Ada yang efeknya membuat bau badan makin menyengat, ada pula yang bisa mengurangi bahkan menghilangkannya.

Ini dia cara menghilangkan bau badan secara alami dengan konsumsi makanan dan minuman.

1. Perbanyak Minum Air, Kurangi Alkohol

minum air putih hangatCara menghilangkan bau badan dengan minum air putih. Foto: iStock

Minum air bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang menyebabkan bau badan. Sementara jika kamu terlalu sering minum bir atau minuman beralkohol lainnya, bau badan akan lebih menyengat karena beberapa jenis alkohol bisa keluar dari tubuh melalui keringat.

2. Yoghurt

yoghurtMakan yoghurt merupakan salah satu cara alami menghilangkan bau badan. Foto: iStock

Kultur bakteri baik yang hidup dalam yoghurt bisa membantu menghilangkan bau badan dengan cara menurunkan kadar sulfit (bahan pengawet pada makanan kemasan) yang menjadi salah satu penyebab bau badan. Selain itu yoghurt juga membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. Kurangi minum susu sapi murni karena banyak mengandung kolin yang bisa membuat badan berbau menyengat.

3. Air Lemon

Air LemonMinum air Lemon setiap hari bisa bantu menghilangkan bau badan. Foto: iStock

Kandungan citric acid pada lemon membantu tubuh menyingkirkan racun-racun karena sifat antioksidan. Racun kemudian keluar dari tubuh melalui urine. Saat racun pada tubuh keluar, aroma tubuh pun akan menjadi lebih segar dan bebas bau badan.

4. Teh Herbal

teh herbal untuk darah tinggiTeh herbal berkhasiat mengatasi bau badan. Foto: iStock

Teh herbal mengandung antioksidan tinggi yang juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Semakin sedikit kandungan toksin maka bau badan juga berangsur-angsur menghilang.

5. Jeruk

Jeruk MandarinRajin makan jeruk bisa membantu menghilangkan bau badan. Foto: iStock

Jeruk atau buah-buahan citrus lain yang beraroma segar dan mudah diserap tubuh. Makan jeruk secara rutin bisa membuat bau badan menjadi lebih segar.

6. Pisang

Ilustrasi makan pisangPisang mengandung magnesium yang bisa mencegah bau badan. Foto: iStock

Pisang kaya akan magnesium yang membantu menghilangkan bau badan dari dalam. Dokter spesialis jantung Robert Segal, MD, mengatakan jika seseorang tetap bau badan meskipun sudah mandi bersih, kemungkinan karena dia kekurangan magnesium.

"Magnesium membantu menghilangkan bau pada organ internal sekaligus mengurangi bau badan," katanya, seperti dilansir Reader's Digest.

7. Sayuran Hijau

sayuran hijau yang paling sehatSayuran hijau mengandung magnesium yang bisa menghilangkan bau badan. Foto: iStock

Sayuran hijau juga tinggi kandungan magnesium. Perbanyaklah makan sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau, kale atau kangkung jika kamu ingin menambah asupan magnesium untuk menghilangkan bau badan. Pakar diet Fiona Tuck menyarankan untuk mengonsumsi minimal dua porsi sayuran hijau setiap hari.

8. Kayu Manis

Cinnamon sticks and powder isolated on white backgroundBubuk kayu manis membantu menghilangkan bau badan. Foto: iStock

Kayu manis memiliki aroma yang khas dan kuat. Menaburkan kayu manis bisa membuat makanan atau minuman terasa lebih nikmat. Tapi selain itu kayu manis juga berkhasiat menghilangkan bau badan. Konsumsi 1-2 sendok bubuk kayu manis setiap hari bisa bantu membuat aroma tubuh lebih 'netral'.


9. Ikan

Fresh raw pangasius fish isolated on white backgroundRajin makan ikan membantu menghilangkan bau badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Valerii Evlakhov


Tubuh punya mekanisme berbeda saat mencerna daging merah dan daging putih seperti ikan. Dijelaskan dokter spesialis kulit dan kelamin David Colbert, MD, protein dalam daging merah yang dipecah oleh tubuh bisa mengeluarkan bau yang tidak enak.

Tapi saat mencerna ikan proses dalam tubuh tak meninggalkan bau menyengat. Maka jika ingin menghilangkan bau badan, mulailah mengurangi daging merah dan menggantinya dengan konsumsi ikan.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)