Silaturahmi Virtual Yuk, Ini 5 Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan dan Hidupmu

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 24 Mei 2020 08:00 WIB
muslim asian people forgiving on eid mubarak tradition. apologizing each other isolated over white Foto: iStock
Jakarta -

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk saling bermaaf-maafan, terutama di saat-saat menjelang Lebaran. Agar kamu bisa menyambut hari raya Lebaran 2020 dengan hati dan niat yang baru dan bersih, kamu perlu memaafkan orang-orang yang pernah menyakitimu dan jangan mendendam. Memaafkan orang lain juga dapat membuatmu memperoleh banyak manfaat baik bagi hidup dan kesehatanmu.

Pada masa pandemi Corona ini kamu bisa tetap menebar maaf melalui silaturahmi virtual atau silaturahmi online. Seperti dikutip dari Lifehack, berikut ini lima manfaat memaafkan untuk kesehatan dan hidupmu.

1. Mengurangi Stres

Stres adalah salah satu penyakit yang umum dan terbukti dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Dengan memaafkan, kamu bisa mengurangi risiko stressdan membuatmu lebih sehat. Baru-baru ini penelitian yang dilakukan pada 338 orang dewasa sebagai respoden menunjukkan bahwa memaafkan terbukti dapat mengurangi stres dan membuat kondisi mental menjadi lebih baik. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengampuni atau memaafkan seseorang dapat menghilangkan stres dan penyakit mental. Sebaliknya, jika kamu tidak memaafkan maka kamu akan berisiko terkena stres.

2. Mengurangi Depresi dan Niat untuk Bunuh Diri

Terus memendam amarah, rasa sakit, dan kebencian yang belum terselesaikan dapat merusak kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa "terapi memaafkan", yang dimaksudkan untuk mendorong seseorang agar lebih mudah memaafkan, dapat membantu untuk mengurangi depresi. Selain itu, memaafkan diri sendiri juga terbukti dapat menurunkan tingkat depresi dan bunuh diri. Cobalah mempertimbangkan untuk memaafkan orang lain dan juga diri sendiri agar dapat memiliki suasana hati dan kesehatan emosi yang lebih baik.

Manfaat memaafkan.Manfaat memaafkan. Foto: iStock

3. Membantu Menjaga Kesehatan Hati dan Jantung

Sejumlah penelitian menemukan bahwa pengampunan atau memaafkan dengan ikhlas dapat menurunkan tekanan darah, mencegah kerusakan pada jantung, serta mengurangi masalah bagi orang-orang yang memiliki penyakit jantung. Selain itu, salah satu penelitian juga menemukan bahwa pengampunan atau memaafkan orang lain dapat meningkatkan fungsi jantung.

4. Mempererat Hubungan

Kamu pasti pernah mengalami perselisihan atau perbedaan pendapat, sekalipun dengan orang-orang terdekatmu. Terkadang kamu mungkin mengalami miskomunikasi, merasa diremehkan, atau bahkan dihina. Saat itu kamu mungkin akan bersumpah bahwa kamu tidak akan melupakannya, namun hal itu tidak akan membantu hubunganmu untuk bertumbuh. Apa yang dimulai dengan sesuatu yang kecil, kemudian bisa berubah menjadi masalah yang jauh lebih besar. Cobalah belajar untuk memaafkan atau memahami sudut pandang orang lain agar hubunganmu bisa lebih erat dan bertumbuh dengan baik. Pengampunan atau memaafkan dengan ikhlas sangat penting untuk membuatmu bisa melepaskannya dan melangkah maju.

5. Membantumu Mencapai Potensi yang Kamu Miliki

Setiap orang memiliki impian dan aspirasinya sendiri yang ingin dicapai. Membawa dendam dan kemarahan di dalam diri akan menghambat prosesmu untuk mencapai impian dan cita-cita yang kamu miliki. Menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah kamu buat atau menyimpan dendam kepada orang lain akan mejadi beban berat untuk dibawa. Hal itu dapat membuatmu jadi memiliki kepercayaan diri yang rendah dan takut untuk mengambil risiko demi kemajuan hidupmu. Jika kamu tidak mau memaafkan dirimu sendiri maka kamu akan membatasi potensi yang kamu miliki. Pengampunan dan memaafkan adalah penyembuhan bagi tubuh dan pikiran.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)