5 Fakta Tungau yang Gigit Kepala Anak Baim Wong Kiano Hingga Bentol-bentol

Puti Yasmin - wolipop Jumat, 15 Mei 2020 09:08 WIB
Frightening spider on the hairy skin of hands. Tungau (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Anak dari aktor Baim Wong dan Paula Verhoeven, Kiano bentol-bentol karena digigit oleh tungau. Hal itu diketahui melalui video yang diunggahnya ke channel YouTubenya.

Dalam video itu, Paula menjelaskan pada waktu Subuh bentol-bentol di kepala Kiano belum terlihat. Namun, sekarang bentol-bentol akibat tungau muncul. Ia juga merasa heran dari mana asal hewan tersebut.

"Padahal tuh kamar ini sudah sering di-vacuum. Panggil orang ataupun juga vacuum sendiri. Karpet juga nih. Dan, kalau dia (Kiano) di karpet, selalu dialasi. Tapi, kenapa sering banget ya?" ungkap dia dilihat detikcom, Kamis (14/5/2020).

Ia pun memarahi Baim Wong karena dianggap sebagai penyebab munculnya tungau. Pasalnya, pria yang lahir 39 tahun lalu itu menggunakan celana yang sama dari semalam.

"Ya ampun, Sayang, kamu kok tidur pakai jeans sih? Pantesan, tuh kamu lihat, tuh, Kiano (digigit) tungau semua kepalanya. Ini, kan kotor (jeans) dari mana-mana. Kamu semalam pakai ini atau gimana, sih? Tadi pagi sudah ganti baju atau gimana, sih?" jelas dia.

Ilustrasi Gigitan TungauIlustrasi Gigitan Tungau Foto: Ilustrasi/thinkstock

Nah, apa bahaya tungau sebenarnya?

1. Pengertian

Tungau adalah parasit mikroskopik berukuran kurang lebih 0,5 mm. Hewan ini juga sering disebut mirip dengan kutu karena bentuknya yang sama. Walaupun memiliki satu nama, hewan ini terdiri dari beberapa spesies, yakni sarcoptes scabiei, tungau debu rumahan, dan demodex.

Tungau biasanya hidup di celah-celah dan lipatan kasur. Maka dari itu, jika tubuh mengalami gatal-gatal usai tidur di kasur bisa jadi penyebabnya adalah tungau.

Selain itu, ia juga bisa ditemukan di transportasi umum (kereta atau bus). Sehingga ketika duduk di kursi transportasi umum tungau bisa jadi ikut terbawa pakaian pulang ke rumah.

2. Tanda Kasur Terdapat Tungau

Dikutip di National Health Services (NHS), tungau di kasur dapat dideteksi bila muncul bekas gigitan berwarna merah dan gatal di kulit. Paling parah, bekas gigitan akan berisi nanah atau menyebabkan ruam.

Kemudian, tubuh merasakan adanya gigitan di bagian kulit yang terlihat, seperti lengan dan bahu. Adanya bintik-bintik hitam di kasur juga menjadi tanda karena bisa jadi itu kotoran tungau.

Tanda tungau juga bisa dilihat dari cangkang berbintik yang ditinggalkan di kasur, lalu telur kecil berwarna putih yang terdapat di sela-sela atau lipatan kasur, dan terakhir bau apek yang tercium.

Ilustrasi Gigitan TungauIlustrasi Gigitan Tungau Foto: IG heather szilagyi

3. Bahaya

Pada dasarnya tungau berbahaya secara medis. Tetapi, gigitan tungau pada kulit bisa menimbulkan rasa gatal hingga iritasi sehingga mengganggu aktivitas dan penampilan.

Gigitan tungau sarcoptes scabies biasanya terjadi di bagian lipatan kulit dan menyebabkan rasa gatal pada malam hari khususnya. Kemudian, tungau debu biasanya menyebabkan alergi pada seseorang, misalnya asma, batuk, dan napas berbunyi (mengi).

Terakhir, gigitan tungau demodex biasanya terjadi pada folikel rambut, wajah, dahi, kelopak mata, hingga telinga. Gigitan hewan ini menyebabkan rasa gatal, kemerahan, hingga kulit perih.

Untuk mengatasi gigitan tungau, pengobatan bisa dilakukan dengan segera pergi ke dokter. Pasalnya, setiap orang membutuhkan obat atau resep yang berbeda-beda.

4. Cara Membasmi

Cara membasmi tungau di rumah bisa dilakukan dengan rajin mengganti sprei kasur minimal 1 minggu sekali. Kemudian cuci sprei tersebut dengan air hangat agar tungau pergi.

Selanjutnya, bisa juga membersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Sebab, tungau akan ikut tersedot bersama debu yang menumpuk di dalam alat vacuum.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)