Viral Perawat di Jakarta Ungkap Cara Pakai APD Berlapis, Bikin Netizen Salut

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 14 Apr 2020 07:30 WIB
intan widya nanda Foto: instagram @intanwidyananda
Jakarta -

Banyak tenaga medis yang mengerahkan tenaga dan waktunya untuk menangani pasien yang terkena positif COVID-19. Perjuangan mereka pun selalu membuat kita salut.

Belum lama ini seorang perawat di sebuah rumah sakit di Jakarta membagikan video yang semakin menggugah perasaan kita pada para tenaga medis. Perawat berhijab bernama Intan Widya Nanda itu melalui videonya mengungkapkan seperti apa tahapan yang dilalui seorang tenaga medis untuk memakai APD hingga berlapis-lapis.

Dia memakai masker hingga cover sepatu, untuk membuat dirinya terlindung dari ujung rambut hingga ujung kaki. Kata Intan semuanya harus tertutup rapat agar tak terkontaminasi virus Corona yang menyerang sistem pernafasan tersebut.

[Gambas:Instagram]




"How to wear Hazmat. Mungkin kalian sudah sering melihat video tenaga kesehatan di berbagai negara yang menggunakan Alat Pelindung Diri untuk pandemik ini. Salah satunya di wuhan. Lalu di indonesia seperti apa? Di indonesia ini lah salah satu alat pelindung diri yang saat ini paling aman di gunakan. Kami tidak memakai berlapis seperti di video yang kalian lihat di video negara lain. Karena keterbatasanya alat pelindung diri kami, tidak sesekali kami menggunakan gaun operasi, bahkan Jas Hujan untuk mengcover tubuh kami. Tapi mirisnya. Kami melihat banyak video beredar masyarakat menggunakan Hazmat untuk ke supermarket dll. Bukan tidak boleh, tapi sangat tidak manusiawi. Mengertilah saat ini pandemik sedang terjadi semua APD terbatas. Di depan mata kami jelas jelas ada yang sedang di uji dengan penyakit yang harus kami rawat. Semoga kalian bisa mengerti," unggah Intan melalui akun Instagramnya @intanwidyananda pada Sabtu (4/4/2020).

Ia juga memberikan pesan kepada tenaga medis yang ada di Indonesia agar tetap menggunakan APD yang dapat menutup tubuh secara sempurna agar tak terkontaminasi virus Corona.

"Pesan untuk tenaga kesehatan Indonesia. Apapun APD yang kamu gunakan pastikan tubuh kamu tertutup sempurna tanpa celah. Terutama di daerah wajah dan tangan. Jika kalian merawat pasien dengan suspect / positive dengan menggunakan ventilator jangan berada lama di dalam ruang perawatan. (menurut jurnal yang di publish di nejm petugas berada di dalam ruang perawatan maksimal 3 jam jika ruangan tersebut terdapat pasien dengan ventilator dan jangan lakukan nebulizier untuk mencegah penyebaran melalui aerosol)," tulis Intan yang mempunyai 11.500 pengikut di Instagram.

intan widya nandaIntan Widya Nanda. Foto: instagram @intanwidyananda


Perawat 27 tahun ini juga meminta masyarakat tetap mengikuti imbauan pemerintah untuk tak melakukan aktivitas di luar rumah. Masyarakat juga harus memakai masker jika terpaksa keluar rumah.

"Di tengah pandemik covid-19 ini bukan kami garda terdepan. Tetapi MASYARAKAT lah garda terdepan. Kami adalah pertahanan terakhir saat sistem imun belum bekerja untuk melawan.
Protect human life before binary. Stay home! Safe lives! #covid #covid19 #hazmatsuit #gardaterdepan #lawancorona #stayathome #dirumahaja #staysafe #stayhome #letsfight #fightcorona #tenagakesehatanindonesia #nurse #nurselife #nursedaily #proudtobeanurse #nurse," ucap Intan.


Postingan Instagramnya tersebut telah dilihat oleh 175.874 pengguna Instagram dan mendapatkan 338 komentar dari warganet. Ada yang mengucapkan rasa kagum, terimakasih dan salut karena ia bisa memakai perlengkapan yang berlapis seperti itu.

"Kak! terimakasih banyaaak untuk jasanya 🧡 semoga ini semua cepat berakhir. semangat terus kak!!!" kata akun Instagram @melatikusuma_.

"Subhanallah,, semoga Allah balas semua perjuangan dan lelah para tenaga medis dg surgaNya.. sehat2 ya kak,, proud of you ," tulis pengguna Instagram @d13n_sya.

intan widya nandaIntan Widya Nanda. Foto: instagram @intanwidyananda


"Jujur mau tnya, kl kebelet pipis, apd nya dilepas trs diulangin lg pemakaiannya dari step awal??" tulis akun @say.beli.say.

"Mbaknya yg pake baju kok aku yg engap ," ucap akun @nadyaprimastuti.


"Terimakasih untuk leteguhan,ketulusan Dan keikhlasan Tim medis.. Mencoba Memberikan yang terbaik untuk banyak manusia.. Semoga Allah melindungi kalian semua aamiin," kata akun @myristica_ugie.

Dalam unggahan terbaru di akun Instagramnya, Intan menyampaikan bahwa ia sudah tak pulag ke rumah semenjak menangani kasus virus Corona ini. Dia pun mengungkapkan rasa prihatinnya terhadap masyarakat yang masih beraktivitas seperti biasa.

"Satu bulan sudah. We fight with Corona. Sudah ratusan dari kita yang kalah. Bahkan sampai kehilangan nyawa. Saat ini semua RS di jakarta resah. Semua tenaga kesehatan sedih karena harus merelakan untuk tidak bertemu keluarga. Tetapi di pedalaman jakarta masih biasa saja bahkan masih banyak ondel-ondel dan odong odong berkeliaran. Seperti biasa saja. Ironis memang," ungkapnya pada Sabtu (11/4/2020).



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/hst)