Profil dr Tirta, Ngegas demi Lawan Virus Corona

Rosmha Widiyani - wolipop Senin, 30 Mar 2020 20:44 WIB
Dokter muda Foto: Instagram/dr.tirta/Profil dr Tirta, Ngegas demi Lawan Virus Corona
Jakarta -

Sosok dr Tirta belakangan menjadi perhatian dengan aksi sosial pengadaan Alat Pelindung Diri atau APD bagi tenaga medis. Dia juga menginisiasi aksi penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan COVID-19.

Dalam berbagai tampilannya di media sosial dan televisi, dr Tirta juga berulang kali menyuarakan pentingnya karantina wilayah. Menurut dokter atau physician ini, karantina wilayah tak hanya efektif mencegah penularan penyakit tapi juga memungkinkan ekonomi tetap berjalan.

Dokter yang menyelesaikan studi di Yogyakarta ini tak segan tampil ngegas demi memenuhi kebutuhan tenaga medis yang menangani COVID-19. Buat yang penasaran, berikut sekilas sosok dr Tirta yang sempat meminati bekerja di IGD Rumah Sakit.

1. Biodata dr Tirta

Mencari tahu biodata dr Tirta sebetulnya tidak sulit cukup buka Twitter di @tirta_hudhi atau Instagram di dr.tirta. Di Instagram dr Tirta tertulis sebagai medical doctor dengan sebutan cipeng atau Tirta. Ini biodata lengkapnya

Nama: Tirta Mandira Hudhi

Tanggal Lahir: 30 Juli 1991

Usia: 28 Tahun

Pendidikan terakhir: FK UGM tahun 2009 lulus 2013

2. Kisah dr Tirta

Kisah dr Tirta juga bisa diketahui lewat media sosial dan penampilannya di berbagai unggahan atau layar televisi. Usai lulus FK UGM, dr Tirta sempat dilema hendak melanjutkan kuliah atau meneruskan usaha di bidang cuci sepatu dan sneakers. Akhirnya pada tahun 2018, dr Tirta memutuskan tidak melanjutkan praktik dan fokus meneruskan usaha. Terakhir kali praktik, dr Tirta tercatat bertugas di Kecamatan Turi dan RS UGM Yogyakarta.

3. Ngegas

Sosok dr Tirta identik dengan karakter ngegas yang terlihat setiap kali hadir sebagai pembicara. Dia tak segan menyuarakan pendapatnya menanggapi keputusan Presiden Jokowi dan Menkes Terawan. Meski begitu, dr Tirta tetap menghormati keduanya sebagai pengemban amanah masyarakat Indonesia. Karakter ngegas juga hadir saat memberi edukasi terkait upaya pencegahan COVID-19 yang terlihat sederhana namun sangat efektif, salah satunya cuci tangan.

4. dr Tirta sempat ribut?

Sebagai influencer yang tengah diperhatikan, sosok dr Tirta mengundang penasaran hingga sempat slek dengan akun Twitter lain. Slek tersebut kini usai setelah dr Tirta memilih kembali fokus pada kegiatan edukasi dan sosial. Dia memilih tak bicara politik yang dinilai bukan ranahnya.

5. dr Tirta mengaku mualaf

Sebagai sosok yang suka bicara apa adanya, dr Tirta tak segan mengakui dirinya adalah seorang mualaf yang berarti menganut agama Islam. Dalam interaksi di Twitter, dr Tirta sempat menanggapi komen Ustaz Felix Siauw yang mendoakannya cepat sembuh. Seperti diketahui dr Tirta sempat dirawat di rumah sakit karena dikhawatirkan terinfeksi virus corona. Hasil tes swab menyatakan dr Tirta negatif virus corona, namun ada gangguan paru yang mengindikasikan PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis.



Simak Video "5 Tips Aman ala dr Reisa agar Terhindar COVID-19 Saat Terima Paket"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)