Mengenal Manfaat Jahe dan Kunyit yang Disebut 'Obat' untuk Lawan Corona

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 03 Mar 2020 09:14 WIB
ginger atau jahe merupakan tanaman herba Indonesia dengan banyak manfaat Mengenal manfaat jahe dan kunyit yang disebut-sebuth sebagai 'obat' virus corona. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sampai saat ini, belum ditemukan obat khusus yang dapat menangkal virus corona. Mengingat virus ini menyerang tubuh dengan daya tahan yang lemah, jahe dan kunyit pun digadang-gadang sebagai 'obat' mujarab untuk melawan COVID-19.

"Semua yang bisa meningkatkan imunitas tubuh berarti itu penangkal," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Selasa (3/3/2020), saat menanggapi pertanyaan detikcom terkait persepsi masyarakat soal manfaat jahe dan kunyit sebagai proteksi tubuh dari virus corona.

Meski itu bukan 'obat' yang dianjurkan, manfaat jahe dan kunyit untuk kesehatan sudah bukan rahasia lagi.

Air jaheAir jahe (Foto: iStock)


Jahe misalnya, kaya akan kandungan mineral seperti magnesium, potasium, dan mangan serta vitamin yang sangat baik bagi tubuh.

Jahe juga sarat akan ekspektoran yang mampu melegakan tenggorokan dan dada. Maka cocok untuk menyembuhkan flu dan pilek, salah satu gejala terjangkit virus corona.

Mengonsumsi air jahe akan mengeringkan lendir berlebih sekaligus merangsang pembuangannya. Demikian dikutip dari Indian Times. Sebagai antibakteri yang paling baik, jahe sangat berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jahe juga tepat diminum guna mengurangi radang tenggorokan.



Bagaimana dengan kunyit?

Berdasarkan warta penelitian dan pengembangan tanaman industri volume 19 No.2 yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian Republik Indonesia (Sekarang Kementerian Pertanian), kunyit dapat bermanfaat sebagai obat tradisional.

Senyawa yang terkandung dalam kunyit seperti kurkuminoid dan minyak atsiri mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor dan antikanker.

Mengenal Manfaat Jahe dan Kunyit yang Disebut 'Obat' untuk Lawan CoronaKunyit (Foto: iStock)

Rempah dengan nama latin Curcuma longa Linn ini memiliki khasiat mempercepat penyembuhan luka. Curcumin, salah satu komponen di dalam kunyit merupakan antioksidan dengan khasiat anti-peradangan yang mujarab. Antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk memaksimalkan daya tahan agar bebas dari berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jamu, dicampurkan ke dalam susu hangat atau dijadikan minuman segar dengan tambahan bahan-bahan lainnya.



Simak Video "Kemenparekraf Beri Modal untuk Pelaku Fashion"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)