Viral Aksi Mahasiswi Bagikan Foto Terkini di Wuhan yang Sepi karena Corona

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 30 Jan 2020 14:30 WIB
Passengers arriving from the Chinese city of Wuhan arrive at Narita Airport in Chiba, Japan in this photo taken by Kyodo January 23, 2020. Mandatory credit Kyodo/via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN JAPAN Situasi Kota Wuhan, China. Foto: Stringer/Getty Images
Jakarta -

Kota Wuhan di China yang merupakan pusat penyebaran dari virus Corona hingga kini masih menjadi perhatian. Virus tersebut telah menyebabkan orang-orang yang berada di kota Wuhan terperangkap dan tidak diperbolehkan keluar dari kota Wuhan dan begitupun sebaliknya.

Wuhan yang terisolasi pun jadi perhatian dunia. Apalagi beredar video emperlihatkan momen mengerikan mengenai kondisi Wuhan yang sebenarnya hoax. Bagaimana kondisi Wuhan sebenarnya? Salah satu pelajar asal Indonesia yang tengah mengenyam pendidikan di Central China Normal University yang berada di Wuhan membagikan situasi terkini di kota tersebut. Aksinya yang dilakukannya melalui media sosial ini pun menjadi viral.

Mahasiswi Indonesia yang bernama Yuliannova Lestari Chanigo membagikan kondisi terkini kota Wuhan melalui akun media sosial Twitter dan Instagramnya. Dari unggahan-unggahannya tersebut terlihat kondisi kota Wuhan yang sangat sepi saat perayaan Tahun Baru Imlek.

"Sabtu di Wuhan, berjalan di jalan yang sangat kosong. Hari pertama Tahun Baru Imlek," tulis Yuliannova di akun Twitter pribadinya pada 25 Januari 2020. Tweetnya tersebut hingga kini sudah di-retweet lebih dari 751 kali.

Melalui akun Twitternya, mahasiswi yang sedang mengambil gelar doktoral untuk bidang ilmu politik ini juga mengungkapkan keinginannya untuk segera dievakuasi mengingat bantuan yang diterimanya akan segera habis. "Bantuan yang kami terima juga akan habis dlm beberapa hari ke depan. Oleh karena itu kami berharap dievakuasi. Proses evakuasi diharapkan dapat berjalan dengan segera, lancar dan baik. @jokowi @Menlu_RI @KBRI_Beijing," tulisnya di Twitter.

Pelajar Indonesia Bagikan Situasi Terkini di WuhanSituasi kota Wuhan. Foto: instagram @ylchaniago

Yuliannova juga mengunggah kondisi jalanan di kota Wuhan sehari setelah perayaan Imlek, tanggal 26 Desember 2020. Jalanan di kota Wuhan yang saat itu sedang diguyur hujan terlihat sangat sepi. Hanya ada segelintir orang yang terlihat berlalu lalang. Dalam keterangan unggahan foto-fotonya tersebut, Yuliannova juga mengungkapkan kekecewaannya karena banyak netizen yang justru mencibir dirinya sebagai pembawa virus.

"Rainy Day Sunday Afternoon in Wuhan.
Picture; 26 January, 2020
📍Central China Normal University

Saya mengetahui betul, ada banyak yang menginginkan kami WNI yang ada di Wuhan untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman, pun sebaliknya, gak sedikit orang di Indonesia malah mengeluarkan cibiran kami sebagai pembawa virus entah itu sebagai guyonan atau serius.

kita sadar kok, jadi kalian gak perlu buang-buang energi untuk bilang begitu.
kita di sini bertahan gak hanya melawan dari virus corona aja, tapi juga dari omongan-omongan berbisa para netijeeenn dan "judul dan isi berita yang berbeda" dari beberapa media hanya ingin meningkatkan jumlah pembaca saja yang bikin kita sedih, pun kami berterimakasih karna sudah terus mau menanyakan kabar situasi Wuhan bersama para penghuninya.

Saya dan teman-teman di sini terus secara aktif berkomunikasi dengan KBRI Beijing sembari menunggu kabar baik dari pemerintah Indonesia melalui KBRI Beijing dan saya menghargai betul upaya dan kerja keras mereka terus memantau kondisi kami di sini.

Bukan pula kerjaan mudah untuk membawa keluar orang banyak dari Wuhan ibarat kata kami keluar dari kandang virus. Dan harus pula ada tempat untuk kami "dibersihkan", agar kami bersih.

Mohon kiranya semua teman-teman kami di Indonesia untuk terus memberikan kami dukungan dan energi positivenya dari Indonesia agar kami bisa tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi situasi sekarang.

Salam dari saya, salamnya tidak pakai virus," tulis pemilik akun Instagram @ylchaniago itu.

Virus Corona hingga kini telah menyebabkan 170 orang meninggal dunia dan telah menyebar ke 12 negara lain. Di antaranya ada Vietnam, Jepang, dan Amerika Serikat. Ribuan orang juga dikabarkan telah terjangkit virus mematikan ini.



Simak Video "Strategi Industri Fashion Brand Lokal untuk Tahun 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)