Ini Persiapan Melahirkan Saat 'Due Date' Sudah Dekat

Lusiana Mustinda - wolipop Kamis, 16 Jan 2020 18:37 WIB
Persiapan melahirkan untuk ibu dan bayi. Foto: iStock
Jakarta - Bagi calon ibu, tentu masih bingung bagaimana persiapan melahirkan. Apa saja yang harus disiapkan terlebih dahulu agar proses persalinan bisa berjalan lancar tanpa ada ketegangan.

Menjelang due date, berbagai persiapan melahirkan sudah seharusnya dilakukan. Persiapan melahirkan untuk ibu dan bayi sebaiknya sudah disiapkan jauh-jauh hari. Proses melahirkan juga harus ditentukan, kamu ingin melahirkan secara normal, water birth atau pun caesar.


Sebagai calon ibu, apalagi yang baru pertama kali melahirkan pasti akan bingung untuk mempersiapkan apa. Memasuki akhir trimester ketiga, tentunya semakin banyak persiapan yang harus dilakukan.

Dengan menyusun dan melakukan persiapan melahirkan yang tepat, kamu bisa lebih merasa tenang jelang waktu melahirkan. Buatlah daftar dan centang jika itu sudah kamu siapkan. Hal ini dilakukan sebagai panduan agar tidak ada yang terlewat.

Berikut persiapan melahirkan yang bisa kamu pelajari sebelum due date:

1. Belanja Kebutuhan Ibu dan Bayi

Ini Persiapan Melahirkan Saat 'Due Date' Sudah DekatMelist belanja kebutuhan ibu dan bayi. Foto: iStock

Menyambut kelahiran si bayi, berbelanja kebutuhan ibu dan bayi perlu kamu lakukan terlebih dulu. Kamu bisa membeli beberapa kebutuhan pokok untuk si kecil mulai dari popok bayi, tisu basah, kain bedong, waslap mandi, deterjen khusus bayi, handuk bayi, pakaian bayi lengkap dengan sarung tangan, kaki dan topi. Serta handuk bayi dan peralatan mandi lengkap.

Selain itu, botol susu juga bisa kamu siapkan untuk peranti minum ASI ketika si kecil masih sulit menyedot ASI dari ibu.

Dan persiapan melahirkan lainnya yang perlu disiapkan untuk sang ibu antara lain, kain kassa, obat penghilang nyeri, pakaian khusus menyusui hingga alat pompa ASI lengkap dengan botol kaca sebagai wadah penyimpanan ASI.


2. Ikuti Kelas Persiapan Melahirkan

Persiapan melahirkan dengan ikut kelas persalinan.Persiapan melahirkan dengan ikut kelas persalinan. Foto: iStock

Dikutip dalam Fit Pregnancy, praktisi perawat Lynette Miya, MN, RNP menyarankan calon ibu untuk mengambil kursus persiapan melahirkan. Dengan begini, pengetahuan mengenai bedah caesar dan epidural lebih bisa diketahui secara jelas.

Semakin banyak pengetahuan yang ibu miliki tentang persalinan, maka semakin baik juga kesiapan bunda jelang persalinan. Karena pasca melahirkan ada beberapa perubahan yang mungkin dialami seorang ibu, seperti perubahan vagina, baby blues hingga penurunan gairah seks.


3. Tentukan Dokter dan Lokasi Persalinan

Persiapan melahirkan.Persiapan melahirkan. Foto: iStock

Salah satu persiapan melahirkan yang tak kalah penting adalah siapa dokter yang akan kamu pilih untuk membantu proses persalinan dan dimana lokasi tempat kamu melahirkan.

Setelah kamu memilih lokasinya, pikirkan bagaimana transportasi menuju kesana. Dan catat nomor telpon rumah sakit atau klinik yang ingin kamu tuju sebagai persiapan melahirkan. Sebaiknya lokasi yang dipilih tidak terlalu jauh dari rumah kamu.

Tidak bisa memilih hanya di satu tempat. Kamu juga perlu mengetahui dimana tempat praktik lainnya dokter yang kamu pilih. Karena bisa jadi saat kamu hendak melahirkan, dia sedang praktik di rumah sakit lain.


4. Daftarkan Persalinanmu di Rumah Sakit

Persiapan melahirkan.Persiapan melahirkan. Foto: iStock

Sebelum melahirkan, untuk persiapan melahirkan di rumah sakit pastikan kamu sudah memiliki rencana untuk melahirkan dimana. Pilih kamar tipe apa untuk nantinya mengetahui perkiraan biaya.

Daftarkan persalinan kamu di rumah sakit seminggu sebelum due date agar nantinya kamu dan pasangan tidak harus melalui birokrasi yang panjang. Konfirmasikan dengan dokter kandungan di sana mengenai kapan tepatnya kamu harus menelepon dan pergi ke rumah sakit.


5. Pelajari Proses Persalinan

Persiapan melahirkan.Persiapan melahirkan. Foto: iStock

Mempelajari proses persalinan perlu dilakukan. Ketahui teknik bernapas saat mengejan, cara menyusui pertama kali hingga bagaimana cara memandikan bayi baru lahir. Coba pelajari beberapa teknik meminimalisir sakit menjelang persalinan misalnya self-hypnosis, perubahan posisi persalinan dan beberapa metode pernapasan.

Pelajari juga beberapa posisi seperti berdiri, berlutut, duduk dan jongkok yang berguna untuk memudahkan proses persalinan.


6. Packing Barang

Persiapan melahirkan.Persiapan melahirkan normal. Foto: iStock

Menyiapkan persiapan melahirkan bayi di rumah sakit salah satunya adalah packing barang. Melahirkan normal di rumah sakit bisa menginap sekitar 2-3 hari. Siapkan beberapa tas untuk dokumen penting, keperluan ibu dan anak:


Tas Dokumen

Tas ini sebaiknya jangan terlalu besar sehingga dapat dibawa kemana-mana. Tas ini berisi:

- KTP

- Kartu asuransi

- Formulir

- Data-data rumah sakit

- Nomor telepon penting yang dapat dihubungi

- Handphone

- Charger


Tas Keperluan Ibu

- Baju Ganti yang dapat memudahkan untuk menyusui

- Perlengkapan mandi

- Bra khusus menyusui

- Pembalut khusus ibu setelah melahirkan


Tas Keperluan Bayi

Berikut barang-barang untuk persiapan melahirkan untuk bayi baru lahir:

- Baju bayi

- Selimut kecil

- Topi bayi

- Sarung tangan dan kaus kaki

- Pampers


7. Olahraga Ringan

Olahraga ringan untuk persiapan melahirkan.Olahraga ringan untuk persiapan melahirkan. Foto: iStock

Ibu hamil yang rutin berolahraga ringan cenderung lebih siap secara fisik untuk mentolerir kelelahan saat melahirkan. Olahraga persiapan persalinan dilakukan minimal 30 menit setiap 2-4 kali dalam seminggu. Senam hamil secara psikologis juga dapat membuat pikiran ibu hamil lebih positif sehingga lebih siap untuk menghadapi persalinan normal.


8. Manjakan Diri

Perawatan sebelum melahirkan.Perawatan sebelum melahirkan. Foto: iStock

Agar terhindar dari stres, persiapan melahirkan yang terakhir adalah memanjakan diri sendiri. Salah satunya adalah dengan melakukan spa atau perawatan kecantikan agar kamu merasa nyaman.



Simak Video "Ini Nama Anak Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)