Betrand Peto Minum ASI Sarwendah, Begini Efeknya Saat ASI Diminum Remaja

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 19 Nov 2019 08:55 WIB
Foto: instagram Foto: instagram

Jakarta - Ruben Onsu beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa anak angkatnya Betrand Peto meminum ASI (Air Susu Ibu) dari sang istri Sarwendah. Meski mengaku tak mempermasalahkan, hal ini menjadi perbincangan karena Betrand sudah beranjak remaja.

Ruben pun mengaku jika Betrand hanya minum dari hasil pompa karena tidak pernah mengonsumsinya ketika kecil. Namun adakah manfaat ASI untuk anak yang sudah besar?

ASI memang menjadi minuman yang spesial bagi bayi. ASI diketahui mengandung kolostrum, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, hingga karnitin sebagai makanan si kecil yang baru bisa mengonsumsi cairan. Air susu ibu pun dinilai penting untuk kesehatan anak ketika tumbuh karena baik untuk memperkuat sistem imun, perkembangan otak, dan melawan infeksi.

Meski sangat bermanfaat bagi bayi, ASI sayangnya dinilai tidak punya banyak fungsi untuk anak yang beranjak besar dan orang dewasa. Saat sempat tren beberapa waktu lalu, beberapa pria yang meminum ASI donor mengaku air tersebut bisa menambah energi yang tidak didapatkan dari makanan dan minuman lain. Tapi pakar berpendapat sebaliknya.

"ASI didesain untuk bayi bukan pria dewasa. Intinya aku melihat orang dewasa minum air susu manusia untuk manfaat kesehatan tidak bisa dibuktikan oleh sains," kata Elisa Zied, seorang nutrisionis New York kepada Today.

Salah satu bukti air susu manusia kurang bermanfaat untuk orang dewasa adalah adanya kandungan immunoglobulinn yang memang bisa melawan infeksi. Tapi immunoglobullin itu sendiri sudah dimiliki oleh orang dewasa sehingga tak dibutuhkan lagi. Selain kurang berdampak, minum susu bayi dari sumber yang tidak diketahui juga bisa berakibat kurang baik.

"Susu adalah cairan tubuh dan bisa membawa infeksi yang ada dalam tubuh, misalnya HIV, hepatitis, dan lainnya," ungkap Zied. "Mengapa tidak bermain aman dan mencari makanan dan minum yang tersedia dari pada bermain 'Russian roulette' dengan kesehatanmu?" tambahnya.

Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)