5 Makanan Anti Peradangan Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 25 Okt 2019 08:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Jakarta - Arthritis adalah penyakit sendi yang disebabkan oleh peradangan akut. Jika kamu sering mengalami nyeri sendi maka perlu berhati-hati dalam memilih makanan bagi tubuh. Salah memilih makanan dapat membuat nyeri sendi semakin parah. Seperti dikutip dari Welcome Organic, berikut ini lima makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi peradangan saat nyeri sendi terjadi.

1. Ikan

5 Makanan Anti Peradangan Untuk Mengatasi Nyeri SendiFoto: iStock

Ikan adalah pilihan yang paling tepat untuk menghindari peradangan nyeri sendi. Ikan kaya akan omega 3 dan asam lemak. Beberapa ikan bahkan sangat tinggi omega 3, seperti ikan sarden, salmon, ikan kembung, dan ikan forel. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin D yang dapat menyembuhkan radang sendi.

Untuk merasakan manfaatnya, cukup dengan mengonsumsi dua sajian per minggu atau jika kamu benar-benar menyukai ikan, mengonsumsinya dengan lebih sering tentunya akan lebih baik. Tetapi jangan mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri terlalu banya, seperti king mackerel, marlin, orange roughy, hiu, swordfish, tilefish, ahi tuna, dan bigeye tuna. Jika kamu benar-benar tidak menyukai ikan, maka kamu juga dapat menggantinya dengan suplemen minyak ikan.

2. Bawang Putih dan Jahe
5 Makanan Anti Peradangan Untuk Mengatasi Nyeri SendiFoto: iStock

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memberikan rasa dan aroma pedas yang khas. Allicin ini yang diketahui dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan secara signifikan. Selain itu, senyawa ini juga memberikan perlindungan antioksidan, meningkatkan kemampuan-sel-sel untuk memperkuat kekebalan tubuh, dan dapat mengurangi peradangan sendi atau athritis.

Selain bawang putih, jahe juga memiliki fungsi yang hampir sama. Jahe memiliki lebih dari 200 kandungan elemen yang dapat bekerja untuk mengurangi peradangan dan mengikat radikal bebas yang merusak.

3. Brokoli
5 Makanan Anti Peradangan Untuk Mengatasi Nyeri SendiFoto: iStock

Selain terkenal kaya akan kandungan antioksidan, brokoli juga ternyata termasuk makanan yang dapat mengurangi peradangan sendi atau arthritis. Brokoli mengandung sulforaphane yang dapat menghambat pertumbuhan sel tertentu yang menjadi penyebab arthritis. Untuk mengaktifkan kandungan ini, brokoli haruslah dipotong. Cara terbaik untuk mengonsumsi brokoli adalah dengan mengukusnya tidak terlalu lama.


4. Buah Beri
5 Makanan Anti Peradangan Untuk Mengatasi Nyeri SendiFoto: iStock

Berbagai jenis buah beri dapat mengurangi peradangan dan kaya akan antioksidan. Selain itu buah beri juga kaya akan vitamin dan mineral. Menurut penelitian, mengonsumsi buah beri dapat menurunkan sekitar 14% risiko pengembangan peradangan berlebih dalam aliran darah. Buah beri bisa dikonsumsi secara utuh atau dicampurkan dengan buah-buah lainnya.


5. Bayam
5 Makanan Anti Peradangan Untuk Mengatasi Nyeri SendiFoto: detikFood/iStock

Bayam mengandung berbagai macam nutrisi, seperti kalium, magnesium, folat, zat besi, kalsium, dan vitamin A. Selain itu, bayam juga tinggi akan kandungan antioksidan yang dapat melumpuhkan senyawa yang dapat menyebabkan radang sendi. Jika kamu rutin mengonsumsi bayam beberapa kali seminggu maka juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah, mendetoksifikasi tubuh, mencegah kerusakan akibat radikal bebas, membantu melawan infeksi, dan bahkan mengurangi risiko kanker. (vio/eny)