Arti di Balik 9 Kebiasaan Tidur, Kamu Termasuk yang Mana?

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 20 Agu 2019 21:20 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Setiap orang punya gaya tidur yang berbeda-beda. Bukan hanya memperlihatkan perbedaan kebiasaan dan sistem tubuh bekerja, gaya tidur juga bisa mengungkap apa yang salah dari gaya hidup Anda. Sebuah penelitian dilakukan dari data 3,4000 orang. Ditemukanlah sembilan gaya tidur paling unik dengan arti dan karakteristiknya masing-masing. Anda yang termasuk mana?

Banyak Gerak
Anda pasti kenal paling tidak satu orang yang tidurnya banyak gerak atau mungkin tipe ini adalah Anda sendiri. Bukan karena pembawaan yang hiperaktif, banyak bergerak saat tidur bisa menunjukkan bahwa Anda tidak tidur lelap. Dilansir studi brand Simba, Anda bisa melewatkan tahap ketiga yang sebenarnya penting untuk membentuk pikiran dan mood.

Sebagai solusinya, Anda bisa menerapkan teknik pernapasan 4,7-8 yakni dengan bernapas selama empat detik, tahan selama tujuh detik, dan hembuskan selama delapan detik sebelum tidur untuk beristirahat lebih lelap dan dalam.

Arti di Balik 9 Kebiasaan Tidur, Kamu Termasuk yang Mana?Foto: iStock
Bangun Pagi
Beberapa orang punya kecenderungan untuk bangun lebih pagi meski tak ada kegiatan yang mengharuskannya. Yang tidak baik adalah jika tidur jadi tak cukup sehingga malah merasa lelah sebelum memulai hari. Disarankan agar orang seperti ini langsung memaparkan diri kepada cahaya matahari untuk memperbaiki mood dan meregulasi jam biologis tubuh.

Seperti Pingsan
Tipe orang yang sulit dibangunkan atau tidur seperti pingsan juga punya arti. Biasanya kebiasaan tidur seperti ini terjadi karena Anda butuhkan waktu lama untuk memasuki tahap tidur dalam. Anda sulit untuk memejamkan mata tapi setelah sukses tidur tidak akan ada yang bisa mengganggu. Pemilik tipe tidur ini sering mengalami pusing di pagi hari dan disarankan pakar untuk melakukan perenggangan sebelum tidur.

Banyak Pikiran
Tipe ini semakin banyak ditemukan apalagi dengan maraknya penggunaan gadget. Anda yang sulit tidur karena banyak pikiran disarankan untuk mengambil rehat beberapa kali sehari untuk meringankan stres. Dianjurkan pula untuk menulis hal-hal yang ingin dilakukan besok hari atau yang membebani pikiran sebelum tidur agar hati lebih tenang.

Gampang Bangun
Seperti dengan orang yang tidur seperti pingsan, kebiasaan gampang bangun juga memiliki masalahnya tersendiri. Walau bisa dengan mudah mendapat istirahat hingga delapan jam sehari, Anda belum tentu tidur secara mendalam. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk berjalan sambil terpapar matahari dan mengondisikan ruangan dengan pencahayaan redup saat akan tidur.

Arti di Balik 9 Kebiasaan Tidur, Kamu Termasuk yang Mana?Foto: iStock
Pola Tak Tentu
Seseorang yang tidur dengan pola tidak menentu bisa mengganggu kesehatan tubuhnya. Dikatakan jika tubuh sebenarnya membutuhkan konsistensi. Untuk lebih sehat, pemilik gaya tidur seperti ini disarankan untuk membuat diari untuk menentukan pola yang teratur.

Tidur Teratur
Berbeda dengan tipe sebelumnya, orang yang selalu bisa tidur teratur tidak punya banyak masalah terkait istirahat. Biasanya orang yang tidur dan bangun di waktu yang sama tidak pula punya problem bangun untuk pagi atau mengalami pusing.

Tidur Dirapel
Banyak orang sulit tidur pada hari Senin hingga Jumat. Karena itu, Anda biasanya memanfaatkan akhir pekan untuk puas beristirahat. Sebenarnya hal ini juga tak terlalu baik karena bisa membuat jam tubuh jadi bingung. Jika kurang tidur di malam hari, dianjurkan untuk mencicilnya ketika siang.

Burung Hantu
Sejumlah orang baru bisa tidur ketika pagi hampir datang. Tak jarang Anda pun jadi tidak mendapat cukup jam tidur yang berkualitas. Jika begitu, coba sesuaikan aktivitas agar Anda bisa terlelap lebih awal. Misalnya dengan tidak main gadget satu jam sebelum waktu seharusnya tidur.

Simak Video "Kerennya Lampu Cantik Paduan Akrilik dan Limbah Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)