Penyebab Rambut Rontok Parah karena Stres Seperti Dialami Song Joong Ki

Hestianingsih - wolipop Jumat, 28 Jun 2019 20:02 WIB
Song Joong Ki saat hadir di fashion show Dior. Foto: Getty Images Song Joong Ki saat hadir di fashion show Dior. Foto: Getty Images

Jakarta - Song Joong Ki mengalami kerontokan rambut, diduga akibat stres karena perceraiannya dengan Song Hye Kyo. Seorang sumber yang dekat dengannya mengatakan, rambutnya rontok cukup parah.

"Song Joong Ki mengalami masa-masa sulit karena stres dan rambutnya rontok secara drastis," kata sumber, seperti dikutip dari Koreaboo.

Stres memang bisa jadi pemicu rambut rontok. Kondisi itu merupakan cara tubuh bereaksi terhadap 'serangan' dari dalam tubuh sendiri, termasuk stres. Selain rambut rontok, stres juga bisa menyebabkan timbulnya jerawt dan kuku rapuh.


Dalam dunia medis, kondisi rambut rontok akibat stres dikenal dengan telogen effluvium. Ketika terjadi gangguan emosional, tubuh akan 'memerintahkan' folikel rambut untuk 'istirahat'.
Penyebab Rambut Rontok Parah karena Stres Seperti yang Dialami Song Joong KiFoto: Getty Images

Folikel rambut adalah struktur kulit tempat di mana rambut akan tumbuh. Jika folikel rambut berada pada mode 'istirahat', maka rambut pun tak bisa tumbuh dengan sempurna dan terjadilah kerontokan atau penipisan.

"Folikel rambut punya siklusnya sendiri - tumbuh, transisi, istirahat dan akhirnya lepas dari akar," jelas dermatologist Dr. Julia Tzu, seperti dikutip dari Huffington Post.


Kondisi stres akan mengubah siklus pertumbuhan rambut dan membuatnya istirahat, atau istilah medisnya, berada pada fase telogen. Untungnya, kerontokan rambut akibat stres tidak berlangsung permanen.

Dokter kulit Dr. Lauren Ploch dari Georgia Dermatology and Skin Cancer Center menjelaskan bahwa biasanya rambut akan rontok parah di tiga sampai empat bulan pertama ketika seseorang mengalami stres. Setelah itu, rambut bisa tumbuh kembali dengan normal, asalkan masalah penyebab stres sudah diatasi.
Penyebab Rambut Rontok Parah karena Stres Seperti yang Dialami Song Joong KiFoto: Instagram/kyo1122

"Biasanya kan rambut rontok karena ada pertumbuhan rambut yang baru, jadi seharusnya dalam tiga hingga enam bulan sudah tumbuh lagi," jelasnya.


Mengatasi rambut rontok karena stres bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Untuk Song Joong Ki, mungkin bisa mengalihkan stres karena perceraian dengan melakukan kegiatan yang disukainya atau meditasi. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi juga penting saat masa-masa stres.

"Makanlah diet dengan nutrisi seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral," sarannya.

Simak Video "Berapa Perkiraan Jumlah Harta Gono Gini Song Song Couple?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)