5 Efek Mengerikan Narkoba pada Kulit Wajah, Jangan Coba-Coba

Silmia Putri - wolipop Selasa, 05 Mar 2019 18:18 WIB
Ilustrasi wajah rusak karena narkoba. Foto: iStock Ilustrasi wajah rusak karena narkoba. Foto: iStock

Jakarta - Beberapa waktu terakhir, beberapa publik figur terjerat kasus narkoba. Sebut saja Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief yang ditangkap karena diduga mengonsumsi narkoba dan aktor Sandy Tumiwa yang juga ditangkap karena dugaan yang sama.

Penggunaan obat-obatan terlarang dapat memberikan banyak efek negatif pada tubuh, salah satunya penampilan fisik. Seseorang yang terjerat narkoba biasanya memiliki perubahan kondisi kulit hingga gigi.

Perubahan yang terjadi bergantung pada banyaknya konsumsi narkoba. Kandungan obat yang keras dan merusak sistem metabolisme tubuh adalah penyebab utama rusaknya kulit karena narkoba.

Secara garis besar, ada lima perubahan kondisi kulit wajah akibat narkoba. Apa saja itu?

1. Kulit Kering dan Keriput
5 Efek Mengerikan Narkoba pada Kulit Wajah, Jangan Coba-CobaFoto: iStock



Mengonsumsi narkoba membuat tubuhmu bekerja lebih keras. Hal ini membuat tubuhmu lebih cepat dehidrasi. Dehidrasi pada kulit ditandai dengan tekstur kulit yang kering, bahkan kerutan.

2. Kulit Berubah Warna

Kekurangan air dan nutrisi juga bisa mengubah pigmentasi kulit. Beberapa kandungan seperti cocaine, crack cocaine dan Ritalin bisa menyebabkan permasalahan nutrisi pada tubuh sehingga kulit bisa menggelap dan kusam.


2. Kulit Berjerawat

5 Efek Mengerikan Narkoba pada Kulit Wajah, Jangan Coba-CobaFoto: iStock

Kandungan Methaphetamine dalam narkoba menyebabkan jerawat pada kulit. Kandungan yang menyebabkan ketergantungan ini juga membuat tekstur kulit jadi rusak. Selain itu, kulit juga lebih mudah terinfeksi bakteri penyebab jerawat.


3. Munculnya Noda Hitam

Noda hitam pada kulit wajah dapat muncul akibat sinar matahari dan nutrisi yang buruk. Narkoba juga mengakibatkan sirkulasi tubuh memburuk sehingga noda hitam lebih mudah muncul.

4. Kulit Memerah

Kulit memerah seperti alergi juga bisa muncul akibat narkoba. Biasanya kondisi ini muncul karena tubuh melawan zat-zat yang tidak baik. Selain memerah, kulit juga bisa terasa gatal-gatal.
(sil/sil)