Simpel, Ini 'Me Time' Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Sedang Stres

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 01 Jul 2018 14:32 WIB
Sri Mulyani, Najwa Shihab dan Nia Dinata. Foto: Foto: Ami Anjani/Wolipop Sri Mulyani, Najwa Shihab dan Nia Dinata. Foto: Foto: Ami Anjani/Wolipop

Jakarta - Setiap orang butuh 'me time' untuk bisa sejenak melepas kepenatan. Apalagi untuk para wanita karier yang banyak kesibukan, tak hanya di kantor tapi juga rumah. Seperti apa 'me time' untuk seseorang yang punya beban kerja seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani?

Seperti wanita kebanyakan, Sri Mulyani juga butuh waktu untuk menenangkan dan memanjakan diri sendiri. Namun 'me time' untuk mantan Managing Director World Bank itu tak butuh sesuatu yang mewah. Menurutnya, 'me time' tak perlu 'high maintanance' dan lebih memilih untuk menyendiri.

"Saya lebih senang sendiri, yoga, baca buku, salat, berzikir. Dulu waktu di Amerika saya memasak karena bisa melamun dan kalau dimakan kan enak jadinya senang. Biasanya saya melakukan yang membuat senang tapi juga orang lain senang. Me time nggak perlu ke Bali, saya ambil lotion elus-elus sendiri, that's my me time," kata Sri dalam acara talk show Viva La Donna yang diadakan Mestizo beberapa waktu lalu.

Simpel, Ini 'Me Time' Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Sedang StresMenteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Rengga Sancaya

Sebagai seseorang yang memegang posisi tinggi dan pengambil keputusan, tentu Sri Mulyani pernah merasakan stres. Caranya menenangkan diri pun cukup simpel.

"Saat stres saya tarik napas, kita tarik napas dulu lalu bilang pada diri sendiri, 'ini mau kemana?'. Saat sedang dalam lowest point lebih baik menghindar dulu dari masyarakat. Kalau mau ke luar rumah, make sure dulu bisa smile," lanjutnya.

Baca Juga: Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Wanita hebat lain yakni Najwa Shihab dan Nia Dinata juga dihadirkan dalam talk show tersebut. Tak berbeda dari Sri Mulyani, Najwa juga lebih memilih untuk berdiam diri dan 'dasteran' sebagai 'me time'.

"Saya anak rumahan mungkin karena aktivitas saya banyak bertemu orang. Kalau ada kesempatan saya biasanya diam di rumah, dasteran. Daster adalah pakaian paling nyaman di dunia. Saya juga suka nonton film kriminal, baca novel detektif," kata jurnalis tersebut.
Simpel, Ini 'Me Time' Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Sedang StresPresenter Najwa Shihab. Foto: Amelia Sewaka

Mencari kebahagiaan dari dalam diri sendiri menjadi 'me time' bagi Nia Dinata. Sutradara tersebut juga memilih untuk melakukan hal-hal yang disukai.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Me Time

"Waktu anak masih bayi sampai remaja, obat stres adalah melihat mereka, stres langsung hilang. Setelah mereka besar, kita harus cari kebahagiaan sendiri," tutur ibu dua anak itu.
Simpel, Ini 'Me Time' Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Sedang StresSutradara film Nia Dinata. Foto: Ismail/detikHOT

"Biasanya saya yoga, duduk di kebun, meditasi. Jangan mengandalkan kebahagiaan pada orang lain bahkan darah daging kita sendiri karena mereka juga punya kehidupan sendiri," lanjutnya.
(ami/hst)