Minum Jeruk Nipis Campur Kecap Saat Batuk dan Radang, Benar Menyembuhkan?

Hestianingsih - wolipop Minggu, 22 Jan 2017 16:41 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernah meminum resep zaman dulu, yakni air jeruk nipis campur kecap untuk menyembuhkan batuk? Air jeruk nipis dan kecap memang dipercaya bisa membantu meredakan batuk. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis berkhasiat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga batuk jadi sedikit mereda.

Namun jika batuk disertai dengan radang atau saking tenggorokan, mengonsumsi jeruk nipis, atau jenis jeruk lainnya tidak dianjurkan. Jus atau air jeruk mengandung citric acid yang rasanya asam. Pada hari-hari normal, rasa asam pada jeruk biasanya dapat menghilangkan dahaga dan menyegarkan. Tapi lain hal nya ketika Anda sedang batuk yang disertai radang tenggorokan.

Dijelaskan Taz Bhatia, M.D., mengonsumsi air jeruk saat tenggorokan sakit justru akan memperparah kondisinya. Akibatnya batuk dan radang akan semakin sakit dan lebih lama sembuh.

"Jeruk mengandung asam sitrat, yang bisa melukai dinding tenggorokan Anda yang sudah meradang," jelas profesor di Emory University dan penulis "What Doctors Eat" ini, seperti dikutip dari Women's Health.

Saat batuk dan radang melanda, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, terutama air putih hangat. Untuk mempercepat penyembuhan secara alami, Anda bisa mengonsumsi madu murni. Penelitian yang dilakukan Sekolah Perawatan di University of Auckland menunjukkan bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif.

Tuangkan satu atau dua sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, lalu minum secara rutin sampai sakit tenggorokan mereda. Bisa juga dengan menambahkan sedikit parutan jahe untuk sensasi hangat di tenggorokan. (hst/hst)