Efek Tak Terduga yang Bisa Anda Alami Jika Terlalu Sering Minum Air Es

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 18 Jul 2016 18:30 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Minuman dingin paling cocok dinikmati saat cuaca terik atau tengah kelelahan. Aliran dingin dari air es akan menyegarkan tenggorokan dengan seketika. Tapi tahukah Anda, minuman dingin atau air es bisa berdampak kurang bagus bagi kesehata, terutama jika dikonsumsi berlebihan? Terlalu sering minum air es dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan kecil namun cukup merugikan. Berikut tujuh di antaranya seperti dikutip dari AOL:

1. Sakit Perut
Sering merasa sakit perut namun tidak tahu penyebabnya? Mungkin karena Anda terlalu sering minum air es. Minuman dingin dapat mengganggu kondisi perut, menyebabkan rasa nyeri, bahkan mual. Alasannya karena temperatur dingin bersifat anti-inflamasi dan bisa membuat pembuluh darah tertarik. Perut jadi berkontrasi dan terlalu ketat untuk memroses makan secara efisien.

2. Diare Atau Konstipasi
Air es juga diketahui dapat memicu diare atau konstipasi. Diare bisa timbul karena tubuh terlalu lelah untuk mencerna secara efisien sehingga mengeluarkan terlalu banyak air dan makanan. Ada pula yang mengalami konstipasi karena dingin menyebabkan makanan mengeras dan menyebabkan usus berkontrasi.

3. Cepat Lelah
Air es memang nikmat diminum pasca beraktivitas padat namun sayangnya minuman dingin justru bisa membuat Anda cepat lelah. Saat air tersebut masuk dalam sistem, tubuh harus mengeluarkan energi ekstra untuk menghangatkannya agar sesuai dengan temperatur tubuh. Hal tersebut dapat menjadikan badan letih nantinya.

4. Iritasi Tenggorakan
Saat sering mengonsumsi minuman dingin, hidung bisa mampet. Saat terkena udara dingin, tubuh memproduksi cairan hidung atau lendir untuk menghangatkan dan melembapkan udara sebelum mencapai paru-paru. Minum air dingin akan menimbulkan efek yang sama, tapi tidak akan berguna jika Anda berada di udara yang tidak dingin. Akibatnya banyak cairan yang tidak diperlukan terperangkap dan membuat tenggorakan sakit.

5. Menghambat Hidrasi Tubuh
Pernahkah Anda merasa lebih cepat haus ketika minum air dingin ketimbang air dengan suhu normal? Hal itu karena tubuh tidak cukup mendapatkan hidrasi dari air es yang Anda minum. Tubuh ternyata tidak ternyata tidak terlalu membutuhkan banyak air yang suhunya lebih dingin dari cairan di dalamnya. Saat minum air dingin, tubuh perlu menghangatkannya agar bisa bekerja dalam aliran darah dan saluran pencernaan. Oleh karena itu, minum air dingin bisa melambatkan proses hidrasi tubuh.

6. Sakit Kepala
Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami 'brain freeze', kondisi di mana kepala terasa sakit menusuk secara tiba-tiba. Biasanya disebabkan karena memakan atau meminum sesuatu yang sangat dingin. Hal yang sama juga bisa terjadi ketika Anda minum air es. Suhu dingin akan 'menggigit' saraf sensitif dari tulang belakang. Tulang belakang pun akan langsung mengirimkan sinyal yang menyebabkan pusing, merinding, hingga nyeri. (ami/ami)