ADVERTISEMENT

6 Fakta Menarik Tentang Menstruasi yang Belum Tentu Wanita Tahu

Hestianingsih - wolipop Kamis, 06 Agu 2015 16:15 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta - Menstruasi adalah proses yang normal terjadi pada setiap wanita dewasa atau mulai beranjak remaja. Meskipun wajar terjadi, masih banyak fakta-fakta yang mungkin belum diketahui bahkan oleh para wanita itu sendiri. Tahukah Anda, bahwa ketika menstruasi hasrat seks wanita bisa meningkat, dan darah yang keluar selama periode menstruasi tak lebih dari satu cangkir? Ketahui fakta unik lainnya tentang menstruasi, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Menstruasi Tingkatkan Gairah Seks
Banyak wanita yang merasakan gairah seksnya meningkat dan mudah terangsang stimulasi seks ketika menstruasi. Saat haid, hormon progesteron dalam tubuh wanita berada dalam level terendah. Menurut para ahli, progesteron merupakan hormon yang bisa menurunkan hasrat bercinta. Jadi tak perlu heran jika saat periode haid, Anda lebih mudah terangsang hasrat seksualnya hanya karena stimulasi-stimulasi kecil. Sayangnya, bercinta ketika mens tidak disarankan karena alasan kehigienisan.

2. Stres Memengaruhi Periode Menstruasi
Stres tidak hanya membuat Anda sulit tidur tapi juga bisa membuat periode mens tidak teratur. Ahli kandungan F. Ralph Dauterive, M.D., menjelaskan bahwa ketika menghadapi situasi yang sulit, otak akan merespon dengan melepaskan hormon stres yang bisa mengganggu siklus bulanan sehingga haid tidak datang teratur setiap bulannya.

"Bisa jadi mens datang lebih cepat atau baru dapat setelah berbulan-bulan," ujar Ralph seperti dikutip dari Women's Health.

3. Film Tentang Menstruasi
Huffington Post melansir, film tentang menstruasi pernah dibuat dan diproduksi oleh Walt Disney. Pada 1946, Disney merilis film bertajuk 'The Story Of Menstruation' yang bertujuan sebagai pembelajaran untuk kelas edukasi seks di sekolah. Kabarnya, film tersebut yang pertamakali menggunakan kata 'vagina' untuk menjelaskan alat kelamin wanita.

Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram

4. Hanya Satu Cangkir
Rata-rata, darah yang dikeluarkan selama periode menstruasi (5-7 hari) tak lebih dari satu cangkir. Beberapa wanita mengeluh kalau darah mens nya keluar sangat banyak di hari-hari pertama, tapi sebenarnya paling banyak hanya seukuran satu cangkir dan beberapa sendok teh saja.

5. Menstruasi Dianggap Tabu
Di era modern ini wanita yang mengalami haid dianggap sebagai hal yang sangat normal. Namun di beberapa belahan dunia, menstruasi masih dianggap sesuatu yang tabu. Remaja wanita di sejumlah negara bagian di Amerika harus menahan malunya diolok-olok teman sekelasnya ketika datang haid. Sementara di pedesaan di India, remaja perempuan tidak boleh memasak karena takut makanannya akan 'terkontaminasi' darah kotor mereka.

Para wanita yang sedang menstruasi juga dilarang memegang berhala karena takut akan tercemar kesuciannya. Beberapa daerah juga melarang mereka memegang acar karena dikhawatirkan akan jadi busuk.

6. Membuat Wanita Jadi Gila Belanja
Sebuah penelitian mengungkap, wanita jadi lebih suka berbelanja 10 hari sebelum datangnya haid. Profesor Pine dari University of Hertfordshire telah menyurvei 500 wanita untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belanja dengan siklus mens mereka. Hampir 66 persen responden yang mendekati periode menstruasi mengaku, mereka membelanjakan sesuatu tanpa berpikir panjang. Salah satu penyebabnya karena saat mengalami PMS, wanita akan mengatasinya dengan berbelanja barang kesukaan.

(hst/hst)