ADVERTISEMENT

Liputan Khusus #KebayaGoesToUNESCO

Dian Sastrowardoyo Berbagi Tips Pakai Kebaya untuk Tampilan Sehari-hari

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 22 Agu 2022 17:00 WIB
Dian Sastrowardoyo Dian Sastrowardoyo memakai kebaya untuk kegiatan sehari-hari. (Foto: Instagram/@therealdisastr)
Jakarta -

Kebaya bisa jadi busana sehari-hari? Kamu keliru bila berpikir hanya kondangan tempat yang pas untuk berkebaya. Dian Sastrowardoyo sudah membuktikannya.

Sulit untuk memisahkan kebaya dari penampilan bintang 'Ada Apa dengan Cinta?' ini. Hampir setiap hari kebaya menjadi andalannya.

Bagi Dian, kebaya adalah identitas Indonesia yang harus dirayakan. "Manusia yang merayakan identitasnya kelihatan lebih jauh keren dan berbudaya. Seperti halnya orang Jepang. Kalau lihat mereka pakai kimono atau jeans misalnya, menurutku jauh lebih keren yang pakai kimono," katanya kepada Wolipop baru-baru ini melalui pesan singkat.

Maka jangan heran jika melihat ibu dua anak ini berkebaya saat menghadiri pertemuan orangtua di sekolah atau belanja di pasar swalayan. Semangat berkebaya tersebut ia coba tularkan lewat media sosial dengan tagar #Iwanttowearkebayaonadailybasis.

kebayaKeseruan Dian Sastrowardoyo bersama para sahabatnya untuk mendukung #KebayaGoesToUNESCO. (Foto: Instagram@raniaayamin)

Belakangan, aktris 40 tahun ini semakin intens mengunggah foto OOTD alias outfit of the day dalam balutan kebaya untuk mendukung pendaftaran kebaya sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia ke UNESCO. Gerakan bertagar #KebayaGoesToUNESCO menggaung dan sempat viral. Banyak teman-teman Dian sesama selebriti yang akhirnya termotivasi untuk menyuarakan dukungannya dengan berkebaya.

Penting baginya untuk mendukung gerakan tersebut. Bukan tidak mungkin kebaya diklaim negara tetangga seperti kejadian yang sudah-sudah. "Miris rasanya. Padahal kita bangsa yang lebih besar. Kalau kebaya tidak terdaftar sebagai warisan budaya kita, terkesan kita tak punya budaya," kata istri Maulana Indraguna Sutowo ini.

Tips Pakai Kebaya untuk Everyday Look

Menurut Dian Sastrowardoyo, kebaya sedikit tricky bila ingin dipakai sebagai busana sehari-hari. Namun, ia punya cara tersendiri untuk mengakalinya.

"Kebaya outfit yang sangat feminin. Konotasinya lebih ke ibu-ibu. Anak muda pasti nggak terlihat tua saat pakai kebaya," katanya.

Dian Sastrowardoyo(Foto: Instagram/@therealdisastr)

Tips pertama dari Dian Sastrowardoyo, pilih aksesori yang terkesan boyish atau maskulin. Biasanya ia memadukan kebaya dengan sneakers atau sandal gunung sebagai alas kaki andalan.

Hindari riasan yang terlalu berat. "Pastinya jangan sanggulan kalau cuma untuk aktivitas sehari-hari," katanya.

Tentu kebayanya juga berdesain simple dengan material ringan. Andalkan kebaya yang minim brokat, payet, atau renda agar tak terkesan berlebihan.

Dian Sastrowardoyo(Foto: Instagram/@therealdisastr)


Simak Video "Dian Sastrowardoyo Tak Paksa Anak untuk Cintai Kebaya"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)