ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif

Cerita Biyan Siapkan Busana Akad Hingga Tasyakuran Kaesang dan Erina Gudono

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 13 Des 2022 06:00 WIB
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (kiri) bersama Erina Gudono (kanan) berjalan menuju lokasi resepsi Tasyakuran di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Acara Tasyakuran itu dibagi menjadi dua sesi, yakni pagi hingga siang dan sore hingga malam untuk menyambut tamu undangan, baik dari kedua mempelai, besan, ataupun tamu kenegaraan. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dalam balutan busana pengantin adat Jawa karya Biyan Wanaatmadja. (Foto: ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO)
Solo -

Desainer Biyan Wanaatmadja mendapat kepercayaan besar dari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono untuk mempersiapkan busana hari spesial mereka. Seperti apa cerita di baliknya?

Kreasi Biyan membungkus tubuh sejoli ini mulai dari prosesi akad nikah hingga tasyakuran. "Saya juga membuat seragam untuk keluarga," kata Biyan kepada Wolipop, Senin (12/12/2022).

Kaesang Pangarep resmi menjadi suami Erina Gudono. Kaesang resmi mengucapkan akad nikah untuk menikahi Erina Gudono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).Kaesang Pangarep dan Erina Gudono usai akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). (Foto: Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Untuk akad nikah yang digelar di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022), sebuah kebaya putih panjang yang disesuaikan dengan adat pengantin keraton Yogyakarta. Busana tersebut melengkapi momen Erina bersolek bak putri keraton dengan paes ageng.

Kaesang sendiri memakai beskap putih yang selaras dengan Erina dan berhiaskan detail beading yang terkesan mewah.

Untuk busana rangkaian acara pernikahan di Solo, esok harinya, Biyan juga yang menangani busana pengantin dan keluarga. Mulai dari prosesi kirab hingga acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran yang terdiri dari dua sesi.

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju menghadiri acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangareb dan Erina Gudono. Mereka kompak memakai baju beskap Jawa abu-abu.Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju menghadiri acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangareb dan Erina Gudono. Mereka kompak memakai baju beskap Jawa abu-abu. (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Tema warna busana berbeda setiap sesinya tapi tetap dengan referensi pernikahan adat Solo. Di luar itu, kreasi Biyan juga menemani beberapa penampilan Kaesang dan Erina Gudono untuk sesi prewedding.

"Total, mungkin enam bulan lamanya kami mempersiapkan semua busana tersebut," ujar desainer senior yang sudah berkecimpung di industri mode Tanah Air selama hampir empat dekade ini.

Biyan mengatakan, sosok Erina sendiri yang menjadi sumber inspirasi utamanya dalam merancang busana untuk pernikahan yang digadang-gadang sebagai 'royal wedding' itu.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono di Puro Mangkunegaran, Solo, Minggu (12/12/2022).Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono sesi kedua di Puro Mangkunegaran, Solo, Minggu (12/12/2022) malam. Foto: dok. Laily Rachev

"She is really humble. The inspiration is Erina herself," kata desainer lulusan The London College of Fashion ini.

Tak ada kendala berarti, hanya saja Biyan harus menaruh perhatian lebih pada pakem-pakem budaya yang berlaku, terutama dalam hal pemilihan batik. Apalagi, dua acara utama dilaksanakan di lokasi yang sarat nilai historis dan sakralnya.

"Untuk jariknya, kami menggunakan motif wahyu tumurun dan sido mukti. Pihak keluarga yang menyediakan kain-kain tersebut," tutur desainer yang kreasinya sudah beberapa kali menemani penampilan Ibu Negara dan Kahiyang Ayu.

Dua cucu Presiden Jokowi yakni Jan Ethes dan Sedah Mirah ikut mendampingi pengantin Kaesang dan Erina Gudono duduk di pelaminan. Begini potretnya.Dua cucu Presiden Jokowi yakni Jan Ethes dan Sedah Mirah ikut mendampingi pengantin Kaesang dan Erina Gudono duduk di pelaminan. Begini potretnya. Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

Selain pernikahan Kaesang dan Erina, Biyan juga menangani penampilan pengantin lain yang juga menyita perhatian publik, yakni Chelsea Islan. Pernikahan Chelse sendiri hanya beberapa hari sebelum Erina dan Kaesang. Untuk pemberkatan di Gereja Katedral Jakarta, aktris yang menikah dengan Rob Clinton memesona dalam balutan gaun putih dengan veil yang memanjang dramatis karya Biyan.

Di tengah kesibukan Biyan dan timnya menyiapkan penampilan untuk kedua momen besar tersebut, ia menggelar peragaan busana dari lini keduanya, Studio 133, pada pertengahan November lalu. Presentasi busana siap pakai musim semi/panas 2023 itu turut dihadiri Erina dan Kahiyang.

Koleksi Studio 133 Biyan Spring Summer 2023Biyan saat menggelar peragaan koleksi Studio 133 Biyan Spring Summer 2023 (Foto: Abduh/Detikcom)

Selain Biyan, desainer lain yang turut terlibat dalam pernikahan Kaesang dan Erina di antaranya Intan Avantie dan Anggi Asmara. Kepada Wolipop, Intan mengungkap detail menarik yang tersemat pada kebaya Erina untuk prosesi sungkeman.

Anggi Asmara juga berbagi cerita tentang filosofi kebaya yang didesainnya secara khusus untuk Erina pakai saat malam midodareni.



Simak Video "Melihat Isi Suvenir Pengajian Pernikahan Erina Gudono "
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)