ADVERTISEMENT

Gaya Jokowi dan Kaesang ke Rumah Erina Gudono, Kompak Pakai Beskap Lilac

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 09 Des 2022 20:15 WIB
Gaya Keluarga Jokowi saat Midodareni Keluarga Presiden Joko Widodo menghadiri midodareni di rumah calon istri Kaesang, Erina Gudono. (Foto: Tim Media Pernikahan Erina-Kaesang/Laily Rachev)
Yogyakarta -

Keluarga besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri midodareni di rumah calon istri Kaesang, Erina Gudono, Jumat (9/12/2022) malam. Di hajatan ini, keluarga kedua calon mempelai memberikan gaya terbaik yang mewakili keindahan budaya masing-masing daerah.

Kaesang dan keluarga tiba di kediaman Erina yang berlokasi di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta, pada pukul 19.00 WIB.

Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di kediaman Erina di Purwosari. Jokowi akan mengikuti prosesi upacara adat midodareni pernikahan Kaesang-Erina.Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di kediaman calon istri Kaesang, Erina Gudono, di Sleman, Yogyakarta, untuk mengikuti prosesi upacara adat midodareni jelang pernikahan putra bungsunya. (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Hadir mendampingi Kaesang, kedua orangtuanya, Jokowi dan Iriana Jokowi, beserta kedua kakaknya. Gibran Rakabuming datang bersama istri, Selvi Ananda, beserta kedua anak mereka. Begitu pula Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang memboyong dua dari tiga buah hatinya.

Untuk momen spesial tersebut, keluarga Jokowi yang datang dari Surakarta kompak berseragam Jawa klasik berwarna lilac dengan jarik sogan Solo. Sementara itu, Ibu Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu, dan Selvi Ananda tampil ayu dengan kebaya panjang.

Kaesang Pangarep telah selesai menjalani prosesi malam midodareni sebagai rangkaian pernikahan dengan calon pengantinnya Erina Gudono. Begini ekspresinya.(Foto: Pradita Utama/detikcom)

Kehadiran mereka lalu disambut oleh keluarga Erina yang mengenakan busana khas Yogyakarta dengan warna yang senada. Adapun ibu Erina, Sofiatun Gudono, juga memakai kebaya panjang. Namun kakak dan adik perempuan Erina, berbalut kebaya kutubaru. Erina sendiri, meski 'disembunyikan' tetap anggun dengan kebaya kutubaru rancangan Anggi Asmara.

Menurut Dani Wigung, pemilik Pengantin Production selaku wedding organizer, gaya kedua keluarga menjadi keistimewaan tersendiri pada malam midodareni ini.

Gaya Keluarga Erina Gudono saat MidodareniGaya keluarga Erina Gudono saat Midodareni (Foto: Pradita Utama/detikcom)

"Istimewanya di midodareni ini, keluarga calon pengantin wanita akan menggunakan busana Yogyakarta, sementara Mas Kaesang beserta Pak Jokowi dan keluarga akan datang dengan busana Surakarta. Di sini terjadi pertemuan dua budaya berbeda," ujar Dani saat ditemui Wolipop di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Rabu (7/12/2022).

Di tempat yang terpisah, Siti Amieroel Noonsundari, seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta, terdapat perbedaan antara batik Yogyakarta dan Solo, tapi tidak signifikan.

Jokowi, Kaesang dan keluarga di acara midodareni di rumah Erina GudonoJokowi, Kaesang dan keluarga di acara midodareni di rumah Erina Gudono Foto: Foto: Pradita Utama/detikcom

Menurut Siti, pengantin adat Yogya membungkus tubuhnya dengan batik wahyu tumurun saat midodareni. Bentuk motif yang menyerupai mahkota menyimbolkan harapan agar pemakainya mendapat petunjuk (wahyu) dan rahmat dari Sang Pencipta.

Batik truntum juga lumrah untuk prosesi ucap ijab kabul saat akad nikah. "Tapi ada pula yang memakai motif cakar ayam yang bentuknya seperti titik-titik. Itu doa supaya calon suami diberikan kelancaran rezeki, seperti ayam kalau lagi nyeker langsung dapat makan," jelas Siti yang menjabat sebagai Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton.

7 Ritual di Siraman Erina Gudono

Pada Jumat pagi, baik Erina maupun Kaesang, menjalani siraman di rumah masing-masing. Adapun siraman Erina agak berbeda dari Kaesang. Menggunakan siraman adat Yogyakarta, wanita 26 tahun tersebut melakoni prosesi langkahan karena mendahului dua kakaknya yang belum menikah.

Terdapat pula prosesi cetik geni dan adhang pisanan. "Karena (Ibu Erina) mantu pertama kali," ujar Dr. Wigung Wratsangka, yang juga pemilik Pengantin Production, pada Kamis (8/12/2022).

Baru kali ini, ibu Erina, Sofiatun Gudono, akan menikahkan satu dari keempat anaknya. Erina sendiri merupakan anak ketiga.

Siraman Erina Gudono, Sleman, Jumat (9/12/2022).Siraman Erina Gudono, Sleman, Jumat (9/12/2022). Foto: Rusman/Tim Media Pernikahan Erina-Kaesang

Erina juga menjalani prosesi majang pasarean di kamarnya. Turut terlibat dalam prosesi ini Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas (istri Sri Sultan Hamengkubuwono X), GKBRAy Paku Alam X (istri dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X), dan Siti Faridah (istri Mensesneg Pratikno).

Total ada tujuh ritual dalam prosesi siraman. Adapun, air yang digunakan berasal dari tujuh mata air.

Setelah siraman, Erina dibungkus dengan batik bermotif germpol. Kata 'gerompol' bermakna 'ngumpul'.

"Filosofinya, mudahan pernikahan ini membawa kerukunan tidak saja untuk Erina dan Kaesang, tapi juga kerukunan kedua keluarga," tutup Wigung.

Besok, Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, pada pukul 12.00 WIB.



Simak Video "Ganti Busana! Ini Penampilan Kaesang dan Erina di Tasyakuran Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/kik)