ADVERTISEMENT

Doa Berpakaian dan Adabnya untuk Wanita Muslim, Ini Warna yang Disunnahkan

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 02 Okt 2022 15:00 WIB
Doa Berpakaian Arab dan Latin Doa Berpakaian. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Sudah membaca doa berpakaian saat hendak mengenakan baju atau melepasnya? Mungkin kamu sering lupa.

Membaca doa berpakaian disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Selain membaca doa berpakaian, sebagai wanita muslim kamu pun dianjurkan mengikuti adab mengenakan baju sesuai syariat Islam.

Mengenai adab berpakaian, Allah SWT berfirman dalam surat Al-A'raf ayat 31:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

Tak hanya itu, Allah SWT juga memerintahkan agar kamu mengenakan pakaian yang menutup aurat. Firman Allah SWT ini tertuang dalam surat Al-Araf ayat 26:

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Artinya:

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat."

Sebagaimana firman Allah SWT, sudahkah kamu memahami adab dan doa berpakaian? Jika belum, yuk simak doa berpakaian dan adab mengenakan busana untuk wanita Muslim.

Doa Berpakaian

Ini doa saat mengenakan pakaian:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan kepadaku pakaian ini dan yang telah memberikan rizki pakaian ini kepadaku tanpa ada daya dan kekuatan dariku." (HR. Abu Dawud).

Ini doa berpakaian saat melepasnya:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia."

Selain doa berpakaian, ketahuilah adab mengenakan busana. Dikutip dari buku Adab Muslim Sehari Semalam karya al-Qismul Ilmi Bi Madaril Wathan, berikut adab berpakaian untuk wanita Muslim.

1. Mengenakan pakaian baru, bagus, dan bersih.
2. Pakaiannya menutup aurat, longgar dan tidak membentuk tubuh.
3. Tidak menyerupai laki-laki.
4. Pakaiannya tidak bergambar nyawa atau bersalib, sesuai sunnah Rasulullah SAW.
5. Mulailah mengenakan pakaian dari bagian kanan.
6. Disunnahkan membaca doa berpakaian, terutama jika baju baru.
7. Warna yang disunnahkan adalah putih. Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa baju putih adalah sebaik-baiknya pakaian.
8. Dianjurkan pakai minyak wangi namun wanita Muslim tidak disarankan memakai wewangian jika sekelilingnya banyak laki-laki yang bukan mahramnya. Dari Abu Musa Al Asy'ari RA, Rasulullah SAW bersabda:

أيُّما امرأةٍ استعطرتْ ثُمَّ خَرَجَتْ ، فمرَّتْ علَى قومٍ ليجِدُوا ريَحها فهِيَ زانيةٌ ، وكُلُّ عينٍ زانيةٌ

Artinya:


"Wanita mana saja yang memakai wewangian lalu ia keluar dan melewati para lelaki sehingga tercium sebagian dari wanginya tersebut, maka ia adalah seorang pezina. Dan setiap mata yang melihatnya juga pezina." (HR Abu Dawud)



Simak Video "Hailey Bieber Ungkap Idap Kista Ovarium Sebesar Buah Apel"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)