ADVERTISEMENT

Kanye West Resmi Akhiri Kerjasama dengan Gap, Singgung Pelanggaran Kontrak

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Sabtu, 17 Sep 2022 15:05 WIB
PARIS, FRANCE - MARCH 06:  Kanye West attends the Christian Dior show as part of the Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2015/2016 on March 6, 2015 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images) Kanye West. Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta -

Kanye West resmi mengakhiri kontrak kerjasama dengan Gap setelah dua tahun. Pelanggaran kontrak jadi salah satu alasan desainer sekaligus musisi itu hengkang dari proyek kolaborasi yang seharusnya berlangsung selama 10 tahun itu.

Dalam surat tertulis kepada Gap, Kanye West menyatakan bahwa dia tak ingin lagi terlibat kerjasama yang berkaitan dengan lini Yeezy Gap. Pria yang kini berganti nama jadi Ye ini akan menjalankan rencananya membuka toko sendiri.

Sebelumnya pada 16 Agustus 2022 tim pengacara Kanye West melayangkan surat somasi perihal pelanggaran perjanjian kerjasama yang mereka klaim telah dilakukan Gap. Surat itu sudah ditanggapi pihak Gap yang berakhir dengan pemutusan kontrak.

"Gap tidak memberikan dia pilihan selain mengakhiri kerjasama karena telah mengabaikan kewajiban kontrak," kata pengacara Kanye West, Nicholas Gravante Jr., seperti dikutip dari New York Times.

Dalam surat pernyataannya, Kanye West menyebut bahwa Gap telah gagal memasarkan produk di toko dengan nama YZY Gap. Retailer asal Amerika Serikat itu pun belum juga membuka toko yang khusus menjual produk kolaborasi Yeezy dan Gap. Padahal seharusnya toko tersebut sudah dibuka sejak pertengahan 2021.

Yeezy x GAPLogo Yeezy x GAP. Foto: Dok. GAP

"Ye sudah sungguh-sungguh berusaha menyelesaikan permasalahan ini dengan Gap baik secara langsung maupun melalui penasihat. Namun tidak pernah terjadi kesepakatan hingga akhirnya Ye memutuskan jalan sendiri untuk mengganti waktu-waktu yang hilang itu dengan membuka toko retail Yeezy," ujar Nicholas.

Sementara itu Gap tetap meneruskan penjualan koleksi Yeezy Gap yang telah diproduksi. Termasuk koleksi liburan hingga awal pertengahan tahun depan.

Kanye West sempat mengungkapkan kekesalannya dengan Gap kepada Bloomberg Business, beberapa waktu lalu. Dia menuduh Gap mencuri salah satu desainnya. Dia juga mengritik Gap yang dinilai tidak kooperatif dalam menjalankan visi yang ia ingin terapkan di proyek kolaborasinya.



Simak Video "Makin Panas Saja, Pete Davidson Kini Labrak Kanye West"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)