ADVERTISEMENT

Gaya Brigjen Andi Rian Pakai Kemeja Burberry Rp 7 Juta, Jadi Sorotan

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 02 Sep 2022 19:12 WIB
Brigjen Andri Rian Djajadi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andri Rian Djajadi (Foto: Dok. Humas Polri)
Jakarta -

Sejak kasus pembunuhan Yoshua Hutabarat (Brigadir J) mengemuka dan menyeret nama Inspektur Jenderal Ferdy Sambo, kehidupan para petinggi kepolisian selalu disorot publik. Teranyar, koleksi kemeja Brigjen Andi Rian Djajadi yang disebut seharga jutaan rupiah.

Sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andri Rian Djajadi secara intens muncul di hadapan publik lewat media massa untuk memberikan informasi terbaru terkait peristiwa yang menghebohkan seantero Indonesia itu. Namanya baru-baru ini menyita perhatian setelah mengusir pengacara Brigadir J dari lokasi rekonstruksi.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi (Rizky AM/detikcom)Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi (Foto: Rizky AM/detikcom)

Terlepas dari peliknya perkara, sorotan ternyata juga tertuju pada penampilan Brigjen Andri. Baru-baru ini di Twitter ramai dibahas soal kemeja yang Brigjen Andri pakai saat jumpa pers pada 11 Agustus 2022. Saat itu, ia memberi pernyataan bahwa Ferdy Sambo marah kepada Brigadir J karena melakukan tindakan yang melukai martabat keluarga.

Sebuah unggahan menyandingkan kemeja Brigjen Andri tersebut dengan produk keluaran Burberry. Kemiripan kedua kemeja lengan panjang tersebut terlihat pada warna dasar biru navy serta motif garis (check) klasik khas Burberry yang diperbesar.

Di situs luxury brand berbendera Inggris itu, terdapat produk yang sama bernama Check Stretch Cotton Poplin Shirt. Tersedia dalam enam pilihan tema warna, kemeja ini dijual seharga 350 pound sterling atau sekitar Rp 6 juta.

Kemeja BurberryKemeja Burberry (Foto: Dok. Burberry)

Pakaian lain yang tak luput dari perhatian netizen adalah kemeja putih yang dihiasi bordiran empat garis hitam horizontal dan tulisan 'Burberry' pada bagian dada. Ia pernah terlihat memakai kemeja yang sama saat konferensi pers di Bareskrim Mabes Polri pada 20 Juli 2022.

"Edun $470," kicau seorang netizen yang mengomentari harga kemeja tersebut. Unggahannya disertai dengan tangkapan layar kemeja yang mirip di sebuah situs belanja. Tertera info harga baju tersebut senilai US$ 470 atau Rp 7 juta.

Penampilan Brigjen Andri Rian dengan kedua kemeja tersebut menimbulkan perdebatan tersendiri di Twitter. Banyak yang menilai gayanya terlalu mewah sebagai pelayan masyarakat.



Tapi tak sedikit pula yang memaklumi. Ada yang berkomentar, "Imo gaya berpakaian yg rapih & sopan, sama ngga pake barang kw, ya bagus sih. dgn pangkat segitu, tunjangan gede, thp gede. wajar aja beli baju yg bagus. kalian karyawan gaji umr pake hp boba aja ga mau dikomentarin katanya biar aja asal bahagia. lah ini doi gajinya jelas gede."

Soal gaji polisi, kisarannya mulai dari Rp 1,64 juta hingga Rp 5,93 juta. Angka tersebut belum termasuk berbagai tunjungan yang bisa mencapai puluhan juta rupiah bergantung jabatannya.

Dibuat untuk Perang

Eksis sejak 1856, Burberry yang didirikan oleh Thomas Burberry identik dengan trench coat-nya yang ikonis. Fakta menarik, Thomas Burberry awalnya menciptakan luaran tersebut sebagai pakaian pelengkap para tentara Inggris di Perang Dunia I (1914-1918).

Pada 1879, ia menciptakan material bernama gabardine, semacam kain yang ditenun secara ketat yang kemudian digunakan untuk membuat trench coat. Material tersebut lalu dikembangkan lagi sehingga tahan air dan ringan.

BBC News mengabarkan, trench coat Burberry pertama kali digunakan tentara Inggris saat Perang Boer di Afrika Selatan pada 1895. Kemudian, Burberry memproduksi 500.000 potong trench coat untuk keperluan Perang Dunia I.

Ad for Burberry's Service Outrigs, 1918.Iklan trench coat Burberry pada 1918. (Foto: Bettmann Archive via Getty Images)

Saksikan juga Sosok minggu ini, 'Ibu' Bayi-Bayi HIV

[Gambas:Video 20detik]



(dtg/dtg)