ADVERTISEMENT

JF3 Fashion Festival 2022 Resmi Digelar, Usung Tema Cultural Diversity

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 02 Sep 2022 13:30 WIB
Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022 Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022 (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Setelah absen karena pandemi COVID-19, perhelatan Jakarta Fashion Food Festival (JF3) hadir kembali. Tahun ini, JF3 Fashion Festival mengawali dengan rangkaian perhelatan mode yang mengangkat kekayaan budaya Indonesia dalam tema 'Cultural Diversity'.

JF3 Fashion Festival resmi dibuka pada Kamis (1/9/2022) malam di area Fashion Tent La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading. Acara pembukaan dimeriahkan dengan peragaan teatrikal dari merek perhiasan The Palace, parade busana dari para desainer atau jenama yang berpartisipasi, serta penganugerahan Fashion Icon Awards.

Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022 (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Turut hadir di acara acara pembukaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno.

Diungkapkan Chairman JF3 Soegianto Nagaria, banyak perubahan dan penyesuaian dalam JF3. "Selain rebranding dari JFFF menjadi JF3, acara mode dan kuliner untuk pertama kalinya berlangsung secara terpisah sejak digelar pada 2004 demi memberikan pengalaman yang maksimal bagi pengunjung," kata Soegianto saat jumpa pers jelang pembukaan.

Rangkaian acara mode yang dinamai JF3 Fashion Festival tersebut berlangsung pada 1-11 September. JF3 Fashion Festival terdiri dari peragaan busana dari sejumlah desainer dan jenama ternama Indonesia di Fashion Tent JF3 pada 1-6 September, dan Fashion Village, sebuah ekshibisi produk UMKM dari 51 jenama lokal, pada 1-11 September. Adapun festival kuliner dilaksanakan pada 9 September - 9 Oktober.

Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022 (Foto: Pradita Utama/detikcom)


Didukung sejumlah organisasi mode Indonesia seperti Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), JF3 Fashion Festival menampilkan karya dari para nama besar seperti Didi Budiardjo, Chossy Latu, Mel Ahyar, Tuty Adib, dan Defrico Audy. Tidak ketinggalan jenama seperti Danjyohiyoji yang berkolaborasi dengan 3Second, dan Lakon Store.

Hampir semua desainer dan jenama yang berpartisipasi menampilkan kreasi dengan sentuhan beragam wastra Nusantara. Misal pada 5 September, Cita Tenun Indonesia (CTI) bersama mitra desainernya mempersembahkan peragaan 'Jalinan Lungsi Pakan', lalu dilanjutkan dengan 'Kain Negeri' dari para desainer IPMI.

Selain nama-nama mapan, JF3 juga memberi kesempatan kepada jenama baru yang sedang merintis. Secara perdana, JF3 memperkenalkan program pembekalan yang dinamai Pintu Incubator.

Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022Pembukaan JF3 Fashion Festival 2022 (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Merupakan buah kolaborasi Lakon Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis lewat Institut Francais d'Indonesie (IFI), program ini bertujuan mempersiapkan para peserta dari segi kreatif hingga finansial agar mampu bersaing baik baik di dalam negeri maupun secara internasional.

"Dari 18 peserta, kami kurasi lagi menjadi tujuh yang karyanya tampil pada 3 September nanti. Harapannya, mereka bisa kami bawa ke Paris pada Maret tahun depan untuk diperkenalkan kepada para buyers di sana," ujar Soegianto.



Simak Video "STAY! Yuk Simak Harga dan Aturan Beli Tiket Konser Stray Kids"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)