ADVERTISEMENT

6 Desainer dan Brand RI Ini akan Tampil di New York Fashion Week 2023

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 26 Agu 2022 05:00 WIB
6 desainer Indonesia akan tampil di New York Fashion Week 6 desainer yang akan tampil di New York Fashion Week. Foto: Dok. Gresnia/Wolipop
Jakarta -

Sederet desainer Tanah Air akan menampilkan karyanya di panggung New York Fashion Week yang digelar pada 11 September 2022 di Springs Studios, New York. Para desiner lokal yang tergabung dalam Indonesia Now, akan menghadirkan koleksi busana ready to wear yang terinspirasi dari kekayaan kriya Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia Now sendiri adalah gabungan beberapa desainer Indonesia, di mana koleksi seluruh desainer ditampilkan di fashion event terkemuka. Siapa saja desainer yang akan mempromosikan koleksinya di New York Fashion Week 2023? Mereka adalah Priyo Oktaviano, Heaven Lights, Alleira Carys Cares x Amero Jewellery, Suedeson by Kimberly Tandra, Corera Louise, dan Vivi Zubedi.

Dalam sesi jumpa pers, Alleira Batik yang membawa brand Alleira Carys Cares x Jewellery mengungkapkan ingin membawa koleksi fashion Indonesia agar lebih mendunia. Brand tersebut mengusung koleksi yang terinspirasi Bali di New York Fashion Week 2023.

Koleksi yang akan tampil di New York Fashion Week.Koleksi yang akan tampil di New York Fashion Week. Foto: Gresnia/Wolipop.

6 desainer Indonesia akan tampil di New York Fashion Week6 desainer Indonesia akan tampil di New York Fashion Week Foto: Dok. Gresnia/Wolipop

"Koleksi bertema Paradise. Inspirasi Dewata Bali, motifnya sesuatu yang lain dari Bali, salah satunya arsitek dan gapura Bali. Aksesorinya bernuansa keanggunan," kata perwakilan Alleira Batik.

Brand lokal Heaven Lights yang akan tampil perdana di New York Fashion Week, akan menghadirkan koleksi bertajuk Papua dan keindahan alamnya. "Aku merasa bersyukur, excited, semangat karena pertama kali dan masih speechless," kata Jihan Malik, salah satu pendiri Heaven Lights dalam jumpa pers di Rumah Kaca Melati, Hutan Kota Plataran GBK, Senayan, Kamis (25/8/2022).

Jihan menambahkan koleksinya terinspirasi keindahan Papua dan botanicalnya. "Keindahannya dituangkan pattern Heaven Lights lalu lahirlah motif ini," jelas Jihan.

Ada 10 koleksi Heaven Lights yang ditampilkan di New York Fashion Week 2023. Jihan menghadirkan busana dengan warna-warna yang berani, potongan loose dan kombinasi ruffle.

Desainer Priyo Oktaviano akan membawa lini keduanya ke New York Fashion Week 2023. Dia akan menghadirkan busana dari wastra Indonesia yaitu tenun ikat.

"Lebih young dan generasi milenial lainnya, karena koleksinya dinamis setiap individu bisa di mix and match," tuturnya.

Koleksi yang akan tampil di New York Fashion Week.Koleksi yang akan tampil di New York Fashion Week. Foto: Gresnia/Wolipop.

Sedangkan desainer Coreta Louise membawakan koleksi bertajuk Sea Reflection yang terinspirasi keindahan bawah laut Sulawesi. Ia terinspirasi oleh laut di Bunaken. Ada juga tas dan aksesori hasil karya pengrajin lokal.

"From the sea to the city, ada evening gown, cocktail, batik Indonesia bisa dipakai internasional look. Saya ingin membuat sesuatu yang internasional dengan wastra Indonesia," terangnya.

Desainer Vivi Zubedi mengungkapkan akan membawa koleksi busana yang terinspirasi dari Kain Sasirangan khas Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

"Ini keempat kalinya saya ikut serta dalam internasional fashion show. Kali ini saya mengangkat karya Banjar Baru. Saya bukan membawa brand ViviZubedi tetapi produk UMKM Banjar Baru," jelas Vivi yang juga akan membawa tenun Pagatan dari Kalimantan Selatan.

Ayu Heni Rosan, istri Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat memberikan dukungan pada para desainer RI yang akan tampil di NYFW 2023. Dia siap membantu para desainer yang ingin melakukan ekspansi pasar di Amerika Serikat.

Koleksi yang akan tampil di New York Fashion Week.Koleksi yang akan tampil di New York Fashion Week. Foto: Gresnia/Wolipop.

"Salah satu terbesar nilai ekspor garment sebesar Rp 4 Miliar meningkat 17% dari 2020. Negara empat musim, tren berubah dengan cepat. Tetap mempertahankan ciri khas. Kami siap memfasilitasi desainer Tanah Air mempromosikan industri garment di Amerika. Agar Indonesia dikenal semakin mendunia," kata Ayu Heni Rosan.

(gaf/eny)