ADVERTISEMENT

Curhat Ivan Gunawan ke Mendag Zulkifli Hasan: Susah Cari Bahan Baju Muslim

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 23 Agu 2022 19:35 WIB
Road To Jakarta Muslim Fashion Week 2023 Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat berdialog dengan Ivan Gunawan dan sejumlah desainer busana muslim. (Foto: Dok. Kemendag)
Jakarta -

Sebagai desainer yang sedang merintis ranah busana muslim, Ivan Gunawan kerap menemukan kendala yang menghambat bisnisnya untuk lebih berkembang demi menjangkau pasar mancanegara. Ia pun berharap pemerintah, terkhusus Kementerian Perdagangan (Kemendag), lebih berkomitmen dalam mendukung para desainer agar target Indonesia untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia pada 2024 tercapai.

Ivan Gunawan menyampaikan tantangan yang dihadapinya sebagai desainer busana muslim secara langsung kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam sesi dialog di sela acara Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Kementerian Perdagangan, Selasa (23/8/2022).

Diungkapkan, awal mula ia mendirikan label busana muslim 'Mandjha' pada 2017 karena permintaan yang tinggi. Hampir semua pengikutnya di media sosial berhijab. Sebelumnya, desainer yang juga presenter itu lebih dikenal lewat karya-karyanya berupa gaun modern dan seksi.

Mandjha terus berkembang dan saat ini telah memiliki 15 butik yang tersebar di seluruh Indonesia. Terlepas dari pencapaian tersebut, tak dipungkiri Ivan bahwa ketersediaan material selalu menjadi kendala. "Sebenarnya, kami kesulitan mencari bahan baku Pak. Pemain (desainer busana muslim) semakin banyak, kain jadi semakin sulit didapat," kata Ivan yang hadir dalam balutan setelan serba pink.

Menurutnya, selama jumlah kain di pasar masih sangat terbatas, sulit bagi para desainer untuk lebih berkreasi. Alhasil, karya yang ditawarkan tidak berkembang dan konsumen akan merasa bosan.

Road To Jakarta Muslim Fashion Week 2023Road To Jakarta Muslim Fashion Week 2023 (Foto: Dok. Kemendag)

Ivan mengaku sudah pernah mencoba mengimpor bahan baku dari China. Namun, barang pesanannya sering tertahan di bea cukai. Jadi, produk kain lokal sangat diandalkannya.

Desainer Ria Miranda yang turut hadir dalam dialog tersebut mengaku merasakan kendala yang sama. Sejak mendirikan labelnya pada 2012, ia selalu berusaha konsisten menggarap songket khas Minangkabau.

Road To Jakarta Muslim Fashion Week 2023Karya Ria Miranda di Road To Jakarta Muslim Fashion Week 2023. (Foto: Dok. Kemendag)

"Awalnya kami langsung ke perajin di Sumatra Barat. Namun, kami kesulitan saat meminta mereka bikin kain yang sesuai dengan karakter Ria Miranda. Permintaan tersebut sulit diterima perajin. Sumber daya di sana juga sangat terbatas dan kami juga terkendala dengan komunikasi," kata pemilik label RiaMiranda itu.

Menanggapi persoalan bahan baku yang dihadapi desainer, Zulkifli Hasan berjanji akan menggelar diskusi lebih lanjut dengan para desainer dan pemangku kebijakan. Zulkifli, yang baru dua bulan menjabat sebagai mendag, berharap bisa menemukan solusi yang mendukung desainer lokal, khusus busana muslim atau modest wear, agar lebih leluasa berkreasi. Produk-produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasar internasional.

Road To Jakarta Muslim Fashion Week 2023Dialog Mendag Zulkifli Hasan dan desainer busana muslim dalam rangkaian acara Road To Jakarta Muslim Fashion Week 2023. (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Saran Ivan Gunawan untuk Mendag Zulkifli Hasan

Ivan Gunawan mengatakan, bisa dipastikan hampir semua desainer Tanah Air ingin go international dan menguasai pasar dunia. Apalagi, Indonesia memiliki ambisi untuk menjadi pusat busana muslim dunia pada 2024. Namun, mewujudkan keinginan tersebut tak cukup dengan sekadar menggelar peragaan busana demi eksistensi tanpa mempertimbangkan sasaran konsumen yang tepat.

"Saya paling malas bikin show di luar negeri. Kenapa? Karena buat apa kalau ujung-ujungnya yang nonton orang Indonesia juga," tutur Ivan yang belajar mendesain pakaian secara otodidak.

Koleksi Mandjha hijab by Ivan Gunawan 2021Koleksi Mandjha Hijab by Ivan Gunawan 2021 (Foto: Dok. Ivan Gunawan)

Menurut Ivan, hal tersebut terjadi karena lemahnya jejaring bisnis yang dimiliki desainer. Di sini lah pemerintah harus aktif ambil peran dalam mempertemukan desainer dengan pemangku kepentingan dan rekanan bisnis yang potensial.

"Saran buat Bapak, ada baiknya Kemendag membangun jaringan marketing yang kuat di luar negeri," katanya kepada Zulkifli.

Pemerintah juga perlu menyadari pentingnya peran public relation (PR) kehumasan sebagai salah satu strategi pemasaran. Ivan mengungkapkan, butuh investasi yang cukup besar untuk urusan humas. Bahkan harganya hampir semahal biaya produksi sebuah koleksi.

NEW YORK, NY - FEBRUARY 07:  A model walks for Itang Yunasz during the runway for the Indonesian Diversity FW19 Collections: 2Madison Avenue, Alleira Batik, Dian Pelangi and Itang Yunas fashion show during New York Fashion Week: The Shows at Industria Studios on February 7, 2019 in New York City.  (Photo by Yuchen Liao/Getty Images for Indonesian Diversity)Kreasi modest wear dari Itang Yunasz ditampilkan di New York Fashion Week 2019. (Foto: Yuchen Liao/Getty Images for Indonesian Diversity)

Dari pengalaman desainer lain yang didengarnya, tak sedikit yang rela menghabiskan ribuan dolar AS hanya untuk biaya PR. "Mereka (PR) yang nantinya memasarkan baju kita ke buyer, selebriti, atau toko multi brand di luar negeri," katanya.

Tak hanya itu, Kemendag juga perlu giat mengedukasi desainer perihal ekspor-impor demi mempersiapkan mereka bersaing di pasar internasional.

Ekspor Busana Muslim Indonesia Naik

Dalam sambutannya, Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan adanya peningkatan nilai ekspor fashion muslim Indonesia pada semester I 2022. Transaksi yang tercatat sebesar US$ 2,85 miliar aik 39,86 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 2,04 miliar.

"Walau naik, tapi kita berada di posisi 13 eksportir pakaiakan muslim dunia. Masa kita kalah dari Dubai dan Vietnam," katanya.

Pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta, mulai ramai dikunjungi warga. Tak sedikit di antaranya datang ke sana untuk berbelanja busana muslim.Pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta, mulai ramai dikunjungi warga. Tak sedikit di antaranya datang ke sana untuk berbelanja busana muslim. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)


Sejalan dengan upaya membuka akses pasar, Mendag Zulkifli Hasan akan melakukan Rapat Paripurna dengan anggota DPR dalam rangka pengesahan perjanjian kerja sama perdagangan internasional, yaitu RUU tentang Pengesahan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership Agreement/RCEP) dan RUU tentang Pengesahan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement /IK-CEPA).

"Melalui perjanjian perdagangan, pemerintah membuka 'jalan tol' bagi produk Indonesia untuk menembus pasar global tanpa hambatan. Diharapkan para pelaku usaha, termasuk di sektor fashion muslim dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan hasil perjanjian perdagangan sebaik-baiknya," jelasnya.

Puncak penyelenggaraan JMFW tahun ini akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2022 bersamaan dengan perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 Tahun 2022 yang bertempat di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten.



Simak Video "Jalani Diet, Berat Badan Ivan Gunawan Turun 25 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)