ADVERTISEMENT

Intimate Interview

Cerita Gweeneth, Desainer Cilik di Jogja Fashion Week, Kebayanya Bikin Kagum

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 23 Agu 2022 09:01 WIB
Foto Gweeneth Sean Jaya Sentosa. Anak usia 10 tahun merancang kebaya untuk wanita dewasa bikin kagum. Foto: Dok. pribadi Gweeneth Sean Jaya Sentosa.
Yogyakarta -

Gelaran Jogja Fashion Week 2022 menampilkan fashion show dari 145 desainer. Para desainer yang tampil itu tak hanya datang dari usia dewasa, ada juga desainer berusia cilik.

Salah satu desainer cilik yang mencuri perhatian adalah Gweeneth Sean Jaya Sentosa. Anak berusia 10 tahun ini merancang kebaya wanita dewasa, bertabur payet dan serba hitam. Karyanya sukses membuat penikmat fashion kagum di Jogja Fashion Week 2022.

Gweeneth kelahiran 18 Juli 2012 ini membagikan cerita kepadaWolipop awal mula mencintai dunia fashion. Anak pasangan Robby JS dan Jane Nathalie ini terinspirasi oleh sang ibunda yang mempunyai bisnis jasa sewa kebaya, gaun dan baju anak-anak.

"Karena dulu itu suka bantu-bantu melihat mama makeup. Suka melihat mama menjahit dari TK tahun 2014 jadi tertarik," ungkap Gweeneth kepada Wolipop, Minggu (21/8/2022).

Foto Gweeneth Sean Jaya Sentosa.Foto Gweeneth Sean Jaya Sentosa. Foto: Dok. Instagram @gweeneth_sean_js.

Ketika mengikuti gelaran Jogja Fashion Week 2022 di Yogyakarta, Gweeneth ditemani oleh sang ibunda, Jane Nathalie. Jane mengungkapkan Gweeneth kerap mengikuti lomba fashion show sebelum kini mendesain kebaya.

"Dia dari kecil suka lomba modeling dia suka pakai baju yang aneh-aneh dari usia empat tahun. Gweeneth kalau mau tidur sebelum lomba, suka cerita,'Maa, aku mau lomba ini bajunya kepengen kayak gini.. ginii',Tapi belum bisa gambar waktu itu. Jadi saya yang disuruh ngebayangin. Nanti kepengen ada ekornya, mungkin dari situ dia jadi kepengen bisa gambarnya," kata Jane.

Kerap mendampingi putrinya, Jane, bangga Gweeneth bisa menjadi desainer di usia muda. "Semoga Gweeneth lebih kreatif konsisten di bidang ini bukan jadi pencontek hanya inspiring saja," ujarnya.

Foto Gweeneth Sean Jaya Sentosa.Foto Gweeneth Sean Jaya Sentosa. Foto: Dok. Instagram @gweeneth_sean_js.

Jane menambahkan kadang hasil busana yang sudah dihasilkan Gweeneth tidak sesuai dengan keinginannya sendiri. Anak kedua dari tiga bersaudara ini baru belajar menggambar pola busana sejak November 2021.

Jogja Fashion Week 2022 menjadi fashion show pertama bagi Gweeneth. Dia mengikuti pekan mode di Yogyakarta itu berkat saran dari guru desainnya agar dia unjuk gigi di fashion show.

Pada Jogja Fashion Week 2022 yang digelar 19 - 21 Agustus 2022, Gweeneth menghadirkan kebaya serba hitam. "Ciri khasnya kebaya kali ini aku temannya Beauty in Black ada 8 set kebaya. Karena menurut saya kebaya itu menggambarkan ciri khas wanita Indonesia bustiernya Miniso, kebayanya dari tille, brokat dan aplikasi yang ditabur bunga dan piring. Inspirasi ya dari mama," ucapnya sambil tersenyum.

Gweeneth membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk membuat kebaya rancangannya. Waktu paling lama dalam proses pembuatan kebaya tersebut adalah memasang payet. "Aku bukan sendiri tapi ada tim juga," kata gadis cilik yang juga bercita-cita menjadi makeup artist itu.

Kebaya karya Gweeneth Sean Jaya Sentosa.Kebaya karya Gweeneth Sean Jaya Sentosa. Foto: Gresnia/Wolipop.

.

Sehari-harinya selain memiliki ketertarikan pada dunia desain, Gweeneth hobi gymnastic dan balet. Dia duduk di kelas 5 SD di Bandung, Jawa Barat. Gweeneth mengaku beruntung karena kiprahnya sebagai desainer didukung oleh guru-guru di sekolahnya.

"Kalau ada show, saya izin kepada ibu guru. Ibu memberikan izin dan mengatakan semoga aku sukses acaranya," jelasnya bahagia.

(gaf/eny)